Tentukan Pasangan Cagub, Golkar Tak Mau Menari di Atas Gendang Partai Lain

  12 Januari 2017 POLITIK Denpasar

baliberkarya/ist

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Denpasar. Partai Golkar tidak akan menari di atas gendang yang ditabuh partai lain. Itu ditegaskan Sekretaris DPD I Partai Golkar Provinsi Bali, Dr. Nyoman Sugawa Korry, usai persembahyangan bersama di padmasana Sekretaris DPD I Partai Golkar Provinsi Bali, Denpasar, Kamis (12/1/2017) siang.

Pernyataan Sugawa Korry tersebut menanggapi pertanyaan apakah Partai Golkar akan mempercepat mengeluarkan rekomendasi terkait calon Gubernur karena PDIP rencananya akan mempercepat rekomendasi.

Dikatakan, meskipun PDIP sudah menentukan calon gubernur, yakni Wayan Koster dan tandemnya Tjokorda Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace), Partai Golkar tidak akan ikut-ikutan. “Prinsipnya adalah Partai Golkar tidak akan menari di gendang orang lain. PDIP mau pasang calon sekarang. Orang lain mau deklarasi, Golkar tidak akan menari di gendang partai lain. Kami akan menjalankan mekanisme di partai sendiri,” jelas politisi asal Banyuatis, Buleleng ini.

 

BACA JUGA : 2 Pilot Susi Air Gunakan Narkoba, Ini Kata Kepala BNN Budi Waseso


Menurut Sugawa, DPP Partai Golkar sudah mempunyai mekanisme dan tahapan-tahapan dalam menurunkan rekomendasi. Senin depan, DPP Partai Golkar akan membahas masalah tersebut di Jakarta.

Ia juga menyatakan, DPD I Partai Golkar Bali saat ini belum membicarakan siapa yang akan menjadi tandem Ketut Sudikerta dalam helatan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Bali 2018 nanti. “Fokus kami belum pada tandem. Fokus Golkar belum ke sana. Kita belum bicara, mendiskusikan, apalagi memutuskan dengan siapa tandem Sudikerta,” tegasnya.

 

BACA JUGA : Mahasiswa Berdemo di Depan Istana Merdeka Membawa 3 Tuntutan


Sugawa menjelaskan, untuk menentukan siapa yang akan dicalonkan dalam Pilkada, termasuk dalam Pilgub Bali, Partai Golkar mempunyai mekanisme. Menurutnya, setidaknya ada tiga alat ukur yakni kekaderan, elektabilitas, dan gabungan kekaderan-elektabilitas. Dikataka, sebagai Ketua DPD I Partai Golkar Provinsi Bali, Sudikerta jelas merupakan kader. “Sehingga fokus kami bagaimana menggerakkan semua elemen jaringan Golkar untuk meningkatkan elektabilitas Pak Sudikerta,” ujarnya.

Dijelaskan, mengapa Sudikerta, karena itu sudah menjadi keputusan Rakerda Partai Golkar Bali. (BB)