Wabup Mahayastra Buka Porsenikel Gianyar 2016

  04 Desember 2016 OLAHRAGA Gianyar

Baliberkarya.com/ist

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Gianyar. Tutup tahun dengan awal yang baru, Kelurahan Gianyar menutup akhir tahun 2016 dengan menyelenggarakan Pekan Olah Raga dan Seni Kelurahan (POSENIKEL) Gianyar. Menjadi yang pertama menyelenggarakan PORSENI di Kecamatan Gianyar, kegiatan tersebut menuai banyak apresiasi dari banyak kalangan, mulai dari tokoh masyarakat hingga Wakil Bupati Gianyar, Made Mahayastra saat membuka PORSENIKEL Gianyar 2016 di Balai Budaya Gianyar, Sabtu, (3/12/2016).
 
Meski acara pembukaan yang sedianya dilaksanakan di Lapangan Astina harus pindah ke Balai Budaya Gianyar karena cuaca tak bersahabat, tak mengurangi kemeriahan acara pembukaan PORSENIKEL Gianyar 2016. Kurang lebih 200 penari Rejang Renteng dari ibu – ibu PKK se Kelurahan Gianyar menambah kemeriahan suasana pembukaan PORSENIKEL Gianyar. Hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri, hingga masyarakat begitu antusias menyaksikan jalannya kegiatan hingga akhir acara.
 
Ketua Karang Taruna Yowana Bhakti Kelurahan Gianyar selaku Ketua Panitia, Dewa Gede Willy Tika Prasetya mengatakan, PORSENIKEL Gianyar akan dilaksanakan mulai dari 3 s/d 25 Desember 2016 yang diikuti oleh delapan kontingen dari masing – masing Lingkungan di Kelurahan Gianyar. Ke delapan kontingen tersebut antara lain, Lingkungan Sangging, Lingkungan Sengguan Kawan, Lingkungan Sengguan Kangin, Lingkungan Sampiang, Lingkungan Teges Kaja, Lingkungan Teges Kelod, Lingkungan Pasdalem, serta Lingkungan Candi Baru, Lingkungan Adapun jenis kegiatan yang dilombakan antara lain, Lomba Ngelawar, Lomba Merangkai Canang Rebong, Futsal Competition, Tarik Tambang, 3 on 3 Basket Competition, Lomba Tari Tingkat SD, Lomba Senam PKK, Lomba Menggambar Tingkat SD, Lomba MC Bahasa Bali, serta Lomba Yowana Jegeg Bagus.
 
“Pemenang dari Lomba Yowana Jegeg Bagus ini nantikan akan diikutkan pada Lomba Jegeg Bagus Tingkat Kabupaten,” terang Dewa Gede Willy Tika Prasetya.
 
Lurah Gianyar, I Made Setiawan, SH.,MAP. mengatakan, kegiatan POSENIKEL Gianyar ini terselenggara berkat dukungan semua komponen masyarakat, mulai dari Karang Taruna, Sekaha Teruna se Kelurahan Gianyar,  serta tokoh – tokoh masyarakat yang ada di Keluarahan Gianyar. Kegiatan ini sendiri dilaksanakan untuk lebih meningkatkan rasa kekeluargaan masyarakat, juga untuk menjaring bibit - bibit olahragawan serta seni di Kelurahan Gianyar. Dengan melibatkan seluruh melibatkan seluruh Sekaha Teruna yang ada di Kelurahan Gianyar, kegiatan ini diharapkan menjadi wadah bagi generasi muda untuk menyalurkan bakatnya baik di bidang seni maupun olahraga. Kegiatan ini juga dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Ibu, sehingga Ibu – Ibu PKK juga turut serta dilibatkan dalam perlombaan. Terdapat 9 group yang akan mengikuti Lomba Senam Poco – Poco yang mewakili adat/lingkungan.
 
Wakil Bupati Gianyar, Made Mahayastra sangat mengapresiasi kegiatan PORSENIKEL Gianyar. Dari 17 desa/kelurahan di Kecamatan Gianyar, Kelurahan Gianyar menjadi yang pertama melaksanakan Pekan Olahraga dan Seni. Hal ini diharapkan mampu menjadi pelopor bagi desa/kelurahan yang lain di Kecamatan Gianyar, sehingga semua desa/kelurahan yang ada di Kecamatan Gianyar bisa mengoptimalkan potensinya baik di bidang seni maupun olahraga. Dengan mengadakan pembinaan secara berkelanjutan baik bidang seni maupun olahraga, akan mampu menjaga Gianyar yang terkenal dengan seni budayanya.
 
“Ke depan anggaran untuk pembinaan seperti ini akan kita prioritaskan di APBD. Dan akan kita berikan kepada desa sehingga bisa secara leluasa melaksanakan kegiatan seperti ini,” terang Mahayastra. (BB)