Dianggarkan Rp 1,3 M, PMI Diharapkan lebih Eksis

ist
Baliberkarya.com-Gianyar. Dalam rangka Hari Sumpah Pemuda dan Hari Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Gianyar meresmikan kepengurusan baru yang terdiri atas Dewan Kehormatan dan Pengurus periode 2016-2021 di ruang sidang utama Kantor Bupati Gianyar, Senin (10/10/2016). 
 
Dalam kesempatan tersebut, terungkap rancangan anggaran PMI Kabupaten Gianyar untuk tahun 2017 dianggarkan sebesar Rp 1,3 milyar lebih. 
 
“Angka itu merupakan lonjakan drastic, bahkan yang terbesar,”ucap Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Gianyar Putu Gede Febriantara saat ditemui usai acara. Dia menambahkan, keberadaan PMI sangat besar dibutuhkan di tengah masyarakat. 
 
Dimana kebutuhan darah masyarakat sangat tinggi. Maka, segala sarana yang dapat mempermudah akses PMI untuk berjibaku di lapangan harus diupayakan.”Rencana tahun 2017, kami ingin perjuangkan pengadaan mobil keliling untuk PMI,”ucap Febri.
 
Sementara, Ketua PMI Kabupaten Gianyar yang baru dr Cokorda Wisnu Parta mengatakan, kesadaran masyarakat akan pentingnya donor darah masih sangat minim. Hal ini menjadi pekerjaan rumah bagi pihaknya  untuk menggenjot ketersediaan kantong darah di Kabupaten Gianyar. 
 
Promosi dan sosialisasi yang terpenting. 
 
Dengan mengintip celah di setiap pergelaran HUT instansi pemerintah maupun swasta. Begitu pula menyasar kegiatan – kegiatan di pelosok desa. 
 
Berdasarkan data sebelumnya, kebutuhan darah mencapai 6.470 sampai bulan September, dengan realisasi baru 4.028 hingga Juni lalu.
 
”Masih sangat kurang,” ucapnya.
 
Bupati Gianyar Anak Agung Bharata menyatakan dukungan penuh terhadap keberlangsungan PMI di Kabupaten Gianyar. Menurutnya, saat ini program PMI berjalan sangat baik, namun belum dapat dikatakan maksimal. 
 
Untuk itu, dia siap membantu fasilitas apapun yang dibutuhkan untuk mendorong layanan yang lebih baik lagi.”Bahkan, saya punya keinginan, agar PMI nanti punya base camp khusus yang dilengkapi oleh fasilitas kesehatan terbaik. 
 
Gambarannya sudah ada, tapi masih rahasia. Kita lobi – lobi duu nanti sama pengusaha – pengusaha di Gianya,”ucapnya terkekeh.
 
Ketua PMI Provinsi Bali IGB Alit Putra mengatakan, komposisi kepengurusan PMI anyar sangat ideal, dengan terlibatnya pimpinan DPRD didalamnya.”Semoga selalu siap dengan pengabdian kemanusiaan dan melakukan yang terbaik untuk PMI,” harap mantan Bupati Badung dua periode itu.(BB)

TAGS :

Komentar