Wabup Bangli Buka Jumbara PMR PMI V

  23 September 2016 KESEHATAN Bangli

Baliberkarya/ist

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Bangli. Wakil Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta,  Jumat (23/9/2016) membuka Jumpa Bhakti Gembira (Jumbara) ke-5 Palang Merah Remaja (PMR) Palang Merah Indonesia  (PMI) Kabupaten Bangli tahun 2016. Acara yang dipusatkan di Perkemahan Lapangan Kubu Bangli, juga dihadiri oleh Forkompinda Bangli, perwakilam PMI Provinsi Bali, Pimpinan SKPD di lingkungan Pemkab Bangli, perwakilan PMI Kabupaten/kota se-Bali dan pengurus PMI Kabupaten Bangli
 
 
Dalam laporannya panitia penyelenggara Wayan Sugiarta, SIP.,M.Si menyampaikan tujuan  dari penyelenggaraan Jumbara adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kepalangmerahaan anggota PMR, menggali, menanamkan dan mengembangkan misi kepalangmerahaan pada anggota PMR, menumbuh kembangkan  kepalangmerahaan di kalangan sekolah sebagai manifestasi dan kepedulian sosial serta pengabdian masyarakat serta menjalin persahabatan antar anggota PMR. Sedangkan tema Jumbara tahun ini adalah “Kaum Muda Sebagai Agen Perubahan Karakter Yang Berjiwa Sosial, Kreatif dan Berprestasi”.
 
 
Disampaikan juga, Jumbara tahun ini diikuti oleh 1023 peserta yang terdiri dari PMR tingkat Mula/SD sebanyak 243 orang dari 12 gugus, PMR Madya/SMP sebanyak 396 orang dari 16 sekolah, PMR  Wira/SMA sebanyak 237 orang dari 10 sekolah, dan pembina pendamping sebanyak 147 orang. Sedangkan seluruh fasilitator, penilai dan pelantih sebanyak 30 orang berasal dari PMI diluar Kabupaten Bangli.
 
 
 
 
Sambung Wayan Sugiarta, jumbara tahun ini diisi dengan 3 kegiatan, yakni kegiatan jumpa, kegiatan bakti dan kegiatan gembira. Kegiatan jumpa diisi dengan kegiatan kunjungan persahabatan, latihan bersama, PMR Trakking, PMR cerdas dan tangkas, Lokakarya Forpis dan lokakarya pembinaan PMR, Sosialisasi pencegahan penyalahgunaan Narkoba, HIV/Aids, Keberadaan BPBD dan perlindungan masyarakat. 
 
 
sedangkan kegiatan bakti diisi dengan melaksanakan kegiaan sosial kebersihan lingkungan, menumbuhkan kesadaran remaja akan perubahan iklim, member bantuan kepada keluarga kurang mampu dan donor darah. Sedangkan kegiatan gembira diisi dengan  pentas seni, paduan suara, desain PIN dan spanduk dan lomba masak olahan ubi. 
 
 
“Jumbara merupakan bentuk kepedulian akan pembinaan generasi muda dalam rangka peningkatan kualitas kegiatan kepalangmerahan serta evaluasi hasil pembinaan terhadap kelompok PMR di Kabupaten Bangli”terangnya.
 
 
Sementara itu Wakil Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta pada kesempatan itu menyampaikan, melalui Jumbara PMR ke-5 ini, PMI Kabupaten Bangli ingin terus  melaksanakan evaluasi terhadap  PMR di masing – masing sekolah, sehingga dapat mempererat rasa persaudaraan diantara PMR yang ada di Kabupaten Bangli. 
 
 
Ini merupakan kegiatan yang positif bagi generasi muda, karena melalui Jumbara peserta dapat mencari pengetahuan dan meningkatkan kerjasama melalui berbagai kegiatan. Wabup Sedana Arta juga meminta agar kegiatan seperti ini bisa terus dikembangkan pada ekstra kurikuler lain sehingga pembinaan karakter anak didik dapat berjalan seimbang dengan proses pemberlajaran disekolah. 
 
 
“Kita minta kegiatan seperti ini bisa terus dikembangkan untuk menyeimbangkan pemberlajaran disekolah dan pembentukan karakter anak. Sedangkan melalui Jumbara, PMI Kabupaten Bangli diharapkan dapat terus bermitra dengan pemerintah daerah dalam misi kemanusiaan”pungkasnya.(BB)