Terbaru! Kloset Mewah Emas 18 Karat Kini Dibuka untuk Umum

  15 September 2016 EKONOMI International

Newyorker

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Internasional. Pengalaman buang hajat bergaya mewah mulai sekarang bisa dirasakan warga Kota New York, AS. Pasalnya, toilet berlapiskan emas 18 karat rancangan seniman Italia Maurizio Cattelan yang tersedia di Museum Guggeinheim, telah kini dibuka untuk umum. 

 

Bernama America, kloset itu kini sudah dipasang di salah satu kamar mandi umum di Museum Guggeinheim. Museum yang terletak di Fifth Avenue itu mendeskripsikan mahakarya Maurizio Cattelan sebagai pekerjaan berani yang kurang sopan.

 

America dipasang untuk menggantikan salah satu kloset porselen di toilet umum yang terbuka bagi semua jenis kelamin. Para pengunjung yang membayar tiket masuk museum, dipersilakan menggunakan kloset emas tersebut untuk buang hajat semau mereka.

 

Para pengunjung dipersilakan menikmati keintiman dengan alam. Anda diundang untuk menggunakan karya tersebut secara pribadi. Silakan menikmati keintiman yang belum pernah terjadi sebelumnya dengan sebuah karya seni, tulis Guggenheim, seperti diwartakan BBC.

 

Sementara itu, menurut Maurizio Cattelan mahakarya itu terinspirasi dari ketidaksetaraan ekonomi yang terjadi di tengah masyarakat. Pria berusia 55 tahun asal Kota Milan itu terkenal dengan sejumlah karya seni provokatif, termasuk patung bernama 'La Nona Ora' yang menampilkan Paus Yohanes Paulus II diterjang oleh meteor.

 

Tak main-main, kloset emas karya Maurizio Cattelan diperbandingkan dengan mahakarya milik Marcel Duchamp bernama 'Fountain'.

 

Sebelumnya, Duchamp merancang sebuah urinoir berlapis porselen yang dipajang di New York pada 1917. 'Fountain' sempat menjadi sensasi yang cukup menghebohkan di dunia seni saat itu.(BB)