Biar Publik Tahu! Ini Lo Perbedaan Zaman Jokowi dan SBY Pilih Menteri

  09 September 2016 TOKOH Nasional

google.com/image

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Nasional. Partai Demokrat menyatakan ada perbedaan antara zaman Susilo Bambang Yudhoyono menjadi Presiden keenam dengan Joko Widodo menjadi Presiden ketujuh dalam memilih Menteri.

 

‎"Waktu Pak SBY ada fit and proper test, semua persyaratan, kesehatan, ada prosedur dan sistemnya, lain presiden lain gayanya," ujar Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Syarief Hasan saat dihubungi awak media, Jumat (9/9/2016). 

 

Dia pun mengatakan, untuk mencegah kasus dwi-kewarganegaraan Arcandra Tahar, Presiden Jokowi pun disarankan melakukan perbaikan dalam hal proses seleksi calon menteri.

 

"Namun, itu urusan presiden terpilih. Sebab, kalau hanya masalah administrasi, terlalu kecil, pengelolaan negara, lebih bagus bisa dipercaya rakyat lah," tuturnya.

 

Dia pun tidak mempermasalahkan bila Presiden Jokowi mengangkat kembali Arcandra sebagai Menteri ESDM. Urusan menteri, sambungnya, adalah hak prerogatif Presiden.‎ Sehingga, tidak bisa diintervensi oleh siapapun.

 

"Partai Demokrat juga tak akan intervensi. Tapi kita lihat nanti. Kalau terjadi pelanggaran Undang-undang, berbahaya bagi presiden," kata anggota Komisi I DPR ini. 

 

Diketahui, Presiden Jokowi memberhentikan Arcandra dari jabatan Menteri ESDM lantaran dianggap memiliki dwi-kewarganegaraan. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan ditunjuk sebagai pelaksana tugas Menteri ESDM.

 

Kini, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia telah memulihkan kewarganegaraan Indonesia Arcandra‎ per 1 September lalu. 

 

Pertanyaannya, apakah Presiden Jokowi kembali akan memilih Arcandra sebagai Menteri ESDM?. Kalau itu terjadi, maka hal ini kembali menjadi sejarah baru yang memalukan terjadi di Indonesia, bahkan bisa dikatakan sejarah baru di dunia.(BB/Suara).