Buka Lomba Balap Jukung, Sudikerta Minta Nelayan Kedepankan Kebersamaan dan Persatuan

  29 Agustus 2016 PERISTIWA Jembrana

Baliberkarya/ist

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Jembrana. Pelaksanaan lomba balap jukung antar nelayan diharapkan untuk mampu dimaknai sebagai langkah untuk mempererat rasa persatuan dan juga kebersamaan antar sesama nelayan dan juga memelihara kepedulian terhadap lingkungan laut. Demikian disampaikan Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta saat membuka secara resmi Lomba Balap Jukung Peringatan HUT Republik Indonesia ke 71 dan HUT Kota Negara ke 121 di Pesisir Kelurahan Gilimanuk, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Senin(29/8/2016).
 
 
“Berbekal kebersamaan dan persatuan tersebut, masyarakat akan mampu mendukung dan mempengaruhi pembangunan yang telah dicanangkan oleh pemerintah dan ini juga sekaligus sebagai upaya untuk menjaga kelstarian laut,” jelas Sudikerta yang menurutnya selain dengan lomba jukung tersebut masyarakat sekitar juga dapat menjaga kelestarian pantai tersebut dengan turut serta menjaga kebersihan pantai tersebut yang saat ini dilihatnya masih sangat kotor, “Nanti saya akan datang lagi melihat pantai ini dan saya harap nanti sudah bersih dan masi kita bersama – sama menjaganya,” tegas Sudikerta. Lebih lanjut disampaikan Sudikerta, kegiatan lomba balap jukung tersebut bhendaknya terus dipupuk dengan mengembangkan kreativitas dan inovasi sehingga mampun untuk menjaga kearifan lokal Bali.
 
 
Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan Sutriman menyatakan kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingahti HUT RI  dan juga HUT Kota Negara yang dimana kegiatan balap jukung dipilih dikarenakan konon pada saat perang kemerdekaan dulu, Pahlawan Bali I Gusti Ngurah Rai menggunakan jukung sebagai alat transportasi pengangkut senjata dari Pulau Jawa melalui Gilimanuk. Lebih lanjut disampaikan Sutriman, pelaksanaan lomba akan diikuti oleh 40 jukung nelayan dari Gilimanuk, Air Kuning dan bahkan Banyuwangi, yang diisi masing – masing oleh 2 joki  yang nantinya akan menyusuri Selat Bali dan finish di Ketapang. Perlombaan tersebut nantinya akan meperebutkan hadiah berupa trophi dan juga uang tunai.
 
 
Pembukaan yang ditandai dengan pelepasan 3 jukung oleh Wagub Sudikerta juga turut dihadiri oleh Bupati Jembrana Putu Artha.(BB)