Bupati Suwirta Buka Rapat Pleno Dewan Ketahanan Pangan (DKP) Klungkung

  25 Agustus 2016 EKONOMI Klungkung

baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Klungkung. Berbicara ketahanan pangan tidak cukup di hilir saja. Tetapi semua itu harus dibahas dari hulu sampai hilir. Mengingat keberhasilan ketahanan pangan tersebut tergantung proses dihulu, termasuk infrastruktur maupun kebijakan dan sarana prasarana. Demikian disampaikan Bupati Klungkung, Nyoman Suwirta ketika membuka rapat Pleno Dewan Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Klungkung Semester I Tahun 2016.

 

“Ketika ketahanan pangan kita lemah berarti ada yang salah dihulunya,” ujar Bupati Suwirta didampingi Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta, Kepala Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan (Distanbunhut) Kabupaten Klungkung, Wayan Durma dan Kepala Kantor Ketahanan Pangan, Ida Bagus Gede Juanida di ruang rapat Distanbunhut Kabupaten Klungkung, Kamis (25/8/2016).

 

Menurut Bupati Suwirta, kuatnya ketahanan pangan di Kabupaten Klungkung diperlukan koordinasi semua pihak. Ia juga menyebutkan dalam upaya menguatkan ketahanan pangan, saat ini telah digodok pemanfaatan beras lokal, sehingga beras yang dihasilkan petani di Klungkung akan menjadi tuan rumah dirumahnya sendiri. “Ini komitmen kita bagaimana beras lokal kita menjadi tuan rumah dirumahnya sendiri,” sebutnya.

 

Selain itu, Bupati Suwirta juga menyampaikan dalam menjaga ketahanan pangan di Klungkung juga dipelukan data-data yang valid. Disamping penguatan Sumber Daya Manusia (SDM) yang juga perlu ditingkatkan. “Semua Pokja agar kedepanya bekerja dengan baik dan maksimal,” pungkasnya.

 

Sementara itu, menurut Kepala Kantor Ketahanan Pangan, Ida Bagus Gede Juanida, pelaksanaan rapat Pleno DKP adalah untuk menentukan kebijakan pangan di Klungkung disamping membahas laporan pelaksanaan tugas DKP secara berkala. “Selain membahas laporan pelaksanaan tugas secara berkala juga untuk menentukan kebijakan pangan,” ujar Sekretaris DKP ini.

 

Rapat Pleno DKP Kabupaten Klungkung semester I Tahun 2016 juga menghadirkan para PPL, Kelian subak sawah  se-Kabupaten Klungkung dan instansi terkait. Rapat diisi penyerahan  piagam penghargaan kepada kelompok tani dan petugas pendamping pemenang lomba simantri berprestasi tingkat Kabupaten Klungkung Tahun 2016. Simantri 453 Kelompok Tani Telaga Sari Desa Pikat Kecamatan Dawan Kabupaten Klungkung, Simantri 452 Kelompok Tani Satya  Sujati Gelgel Kecamatan Klungkung Kabupaten Klungkung dan Simantri 409 Kelompok Tani Werdhi Nandini Desa Negari Kecamatan Banjarangkan, Kabupaten Klungkung. (BB)