Evaluasi 4 Pilar Berprestasi, Karang Taruna Catur Buana Desa Pangsan Dinilai Provinsi

baliberkarya

Baliberkarya.com-Badung. Karang Taruna Catur Buana, Desa Pangsan, Kecamatan Petang yang merupakan duta Kabupaten Badung dalam penilaian (evaluasi) 4 Pilar berprestasi dinilai Tim Provinsi Bali. Rombongan Tim diterima Bupati Badung diwakili Kadissosnaker Kabupaten Badung IB. Oka Dirga didampingi anggota DPRD Badung I Nyoman Suka dan dihadiri Camat Petang I Gst. Ngr Ariawan beserta Muspika Kecamatan Petang, Perbekel Pangsan R. Tri Sukarya dan tokoh masyarakat di Wantilan Kantor Perbekel Desa Pangsan. Kamis (4/8/2016).

Bupati Badung dalam sambutannya yang dibacakan Kadissosnaker Kabupaten Badung IB. Oka Dirga menyampaikan, dengan dilaksanakannya penilaian 4 Pilar berprestasi ini mempunyai harapan yang besar terhadap pertumbuhan dan perkembangan pola kerjasama serta sinergi dari berbagai kekuatan komponen melalui ide, prakarsa dan kreativitas di masing-masing Desa/Kelurahan. Ini dapat diwujudkan dengan menjadi Pekerja Sosial Masyarakat (PSM), anggota Karang Taruna, tenaga kerja sosial kecamatan (TKSK) dan yayasan sebagai pelopor dalam mencari donatur-donatur yang peka serta mempunyai kepedulian untuk ikut bersama-sama mengatasi masalah-masalah sosial yang ada di masyarakat.

Oka Dirga menyampaikan, kegiatan lomba yang dilaksanakan secara berkesinambungan merupakan langkah yang sangat baik untuk menghimpun dan menyatukan visi dan misi guna menumbuhkembangkan kegiatan 4 Pilar secara profesional. Disamping itu Karang Taruna, PSM dan TKSK merupakan tangan kanan Perbekel/Lurah khususnya dalam menangani penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) dan bersama-sama menggerakan semua potensi sumber kesejahteraan sosial (PSKS) sebagai pendukung pembangunan. Kegiatan lomba 4 Pilar berprestasi ini bisa terus berlanjut, mengingat bahwa Karang Taruna, pekerja sosial masayarakat dan TKSK merupakan sumber daya manusia potensial yang sangat penting sebagai penopang tulang panggung bangsa dalam menggerakan generasi muda, ikut serta berpartisipasi dalam pembangunan kesejahteraan sosial. 

Ketua Karang Taruna Catur Buana Desa Pangsan IB. Nyoman Yudiartha melaporkan, visi Karang Taruna Catur Buana adalah sebagai wadah dari generasi muda di Desa Pangsan pada khususnya, untuk membentuk suatu wadah kepemudaan yang berfungsi mengisi kegiatan dan juga mengentaskan masalah-masalah sosial baik di bidang pendidikan, budaya dan olahraga. Sedangkan misinya menjadikan Karang Taruna Catur Buana sebagai sarana mengoptimalkan para pemuda dan keikutsertaan pemuda itu sendiri dalam pembagunan diberbagai bidang sosial maupun yang lainnya. Jumlah anggota Karang Taruna Catur Buana sebanyak 48 orang yang terpecah di 4 banjar Dinas serta dibagi 7 seksi diantaranya; seksi pelayanan, seksi olahraga, seksi kesenian, seksi pengabdian masyarakat, seksi umum, seksi diklat dan seksi humas.

Sementara itu Ketua Tim Penilai Kabid. Kelembagaan Dinas Sosial Provinsi Bali I Wayan Parmiyasa menyampaikan, evaluasi 4 Pilar berprestasi merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahun. Dari evaluasi ini diharapkan jangan dijadikan beban bahwa evaluasi ini betul-betul formal, melainkan bagian kecil dari bagaimana kita melihat potensi sumber yang ada di Desa, Kecamatan dan Kabupaten masing-masing.(BB)


TAGS :

Komentar