Denpasar akan Terbitkan KTP untuk Anak. Kapan?

  07 Agustus 2016 EKONOMI Denpasar

baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional (HAN) yang jatuh pada tanggal 23 Juli 2016 lalu, Pemerintah Kota Denpasar melalui Badan Keluarga Berencana dan Perlindungan Anak (BKBPP) Kota Denpasar memperingatinya dengan berbagai kegiatan edukasi kepada anak-anak, yang kali ini peringatan HAN di Denpasar dirangaikan dengan kegiatan Rare Bali Festival (RBF) ke 2, yang dikemas dalam konsep taman, Sabtu sore (6/8/2016) di Taman Kota Lumintang.

 

Kegiatan ini dibuka oleh Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra yang di tandai dengan pelepasan pindekan (baling-baling yang terbuat dari bambu) ke udara. Sebelum acara di mulai, Walikota Rai Mantra didampingi Sekda Kota Denpasar A.A.N Rai Iswara dan Kepala Badan KBPP Kota Denpasar IGA Laksmi Dharmayanti juga sempat meninjau kegiatan kreatifitas anak-anak seperti melihat rumah daur ulang dari sampah plastic, pembuatan layang-layang, dan menggambar dari bahan kertas daur ulang, selain itu Rai Mantra juga sempat berinteraksi langsung dengan ratusan anak-anak dengan suasana keakraban yang hangat sambil melakukan tanya jawab.

 

Peringatan HAN tahun ini dengan tema “Akhiri Kekerasan Terhadap Anak”, bisa menjadi inspirasi dan motivasi para orangtua untuk lebih meningkatkan kepeduliannya pada pemenuhan kebutuhan dan perlindungan terhadap anak-anak sejak dini," kata Walikota Rai Mantra. Dengan terpenuhinya segala kebutuhan mereka, akan menjadi penunjang tumbuh kembang anak-anak yang berkualitas, berakhlak mulia dan sejahtera. Dimana dalam era teknologi infomasi yang terbuka sekarang ini kita sebagai orang tua harus bisa selalu mengarahkan anak-anak ke hal-hal yang positif, agar anak tidak terjerumus kedalam pengaruh buruk seperti narkoba. Untuk itu sejak dini pengertian tentang bahaya narkoba harus di beritahukan kepada anak-anak, agar mereka tahu akibat buruk dari narkoba, dan ini akan menjadi tantangan terbesar orang tua dan masyarakat. “Kami Pemerintah Kota Denpasar, akan terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada anak-anak, baik itu dari masalah pendidikan anak, masalah fasilitas umum untuk anak, dan fasilitas-fasilitas anak yang lainya. Dan kedepanya kami akan upayakan untuk menerbitkan sejenis Kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk Anak, sehingga kalau anak-anak ini sudah memiliki KTP Anak, akan bisa memberikan kemudahan-kemudahan di dalam pelayaan yang akan kami rencanakan kedepanya untuk meningkatkan mutu dan kualitas anak-anak di masa depan”, ungkap Rai Mantra.

 

Sementara Kepala Badan KBPP Kota Denpasar IGA Laksmi Dharmayanti dalam laporannya mengatakan, Peringatan HAN merupakan sebagai upaya menjamin pemenuhan hak anak atas hidup, tumbuh, kembang dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapat perlindungan. Yang mana Peringatan HAN dirangkaikan dengan program kegiatan Rare Bali Festival Ke 2 yang dirancang dengan berbagai tematik taman seperti taman bermain, taman pentas, taman kompetensi, taman workshop dan taman baca. Adapun kegiatan ini akan dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 6 sampai 7 Agustus 2016, dengan agenda kegiatan meliputi seperti lomba mewarnai, mesatua banyol, menyanyi, melukis, parade budaya, deklarasi kekerasan terhadap anak dan kreatifitas daur ulang. (BB)