Wujudkan Tertib Arsip, Badung Gelar Bintek Kearsipan

baliberkarya

Baliberkarya.com - Badung. Sebagai Kabupaten yang menyandang predikat Lembaga Kearsipan Terbaik Nasional tahun 2015, Pemkab Badung melalui Kantor Arsip Daerah terus melakukan langkah-langkah stategis dalam upaya mewujudkan tertib arsip dan pengelolaan arsip yang baik dan benar. Salah satu upaya yang dilakukan adalah meningkatkan pemahaman dan kualitas SDM pengelola arsip dilingkungan SKPD, Kelurahan, Desa dan tata usaha sekolah melalui Bimbingan Teknis (Bintek) Kearsipan. Bintek kearsipan bagi tenaga pengelola arsip di SKPD, Desa dan tata usaha sekolah dibuka oleh Bupati Badung diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan I Made Witna di Kantor Arsip Daerah Badung, Puspem Badung, Rabu (27/7/2016).

Acara tersebut dihadiri Ketua DPRD Badung diwakili anggota I Made Reta, perwakilan dari Badan Perpustakaan dan Arsip Provinsi Bali dan Kepala Kantor Arsip Badung A.A. Ngr. Arimbawa.

Bupati Badung dalam sambutannya yang disampaikan I Made Witna menekankan bahwa sebagaimana amanat UU Kearsipan No. 43 tahun 2009, tujuan penyelenggaraan kearsipan adalah menjamin perlindungan kepentingan negara dan hak-hak keperdataan rakyat. Menjamin keselamatan aset nasional, meningkatkan kualitas pelayanan publik dan mewuujudkan arsip sebagai tulang punggung manajemen pemerintahan. "Mengingat begitu pentingnya peranan arsip, kami harapkan bintek ini dapat dilaksanakan secara rutin sehingga outputnya akan mampu terciptanya tertib arsip," terangnya. Ditambahkan, sebagai lembaga kearsipan terbaik, sudah seyogyanya penataan arsip di badung menjadi leader penataan arsip di Bali.

Penataan itu mulai dari SKPD, Kelurahan, Desa dan tata usaha sekolah yang bersinergi dengan Kantor Arsip Daerah Badung. Bupati juga menyampaikan apresiasi kepada DKP, Satpol PP, Bappeda Litbang dan BPMD PD yang telah menjadi contoh penataan arsip terbaik dilingkungan SKPD. Hal ini agar bisa iikuti oleh SKPD lainnya. Badung juga patut berbangga karena saat ini telah memiliki Gedung Depo Arsip yang representatif yang mampu menampung 35 ribu box arsip.  Untuk itu jajaran SKPD dapat memanfaatkan depo arsip ini sehingga tidak ada lagi arsip-arsip yang menumpuk di ruang kerja SKPD.

Sementara Kepala Kantor Arsip Daerah Badung A.A. Ngr. Arimbawa melaporkan, tujuan Bintek Kearsipan untuk memberikan pemahaman dan peningkatan kualitas SDM tenaga pengelola arsip di SKPD, Desa maupun Tata Usaha Sekolah sehingga dapat diwujudkan tertib arsip dan pengelolaan arsip yang baik dan benar. Peserta bintek kearsipan berjumlah 129 orang, berasal dari tenaga pengelola arsip di masing-masing SKPD, Kelurahan, Desa dan Tata Usaha Sekolah.

Bintek yang dilaksanakan selama 9 hari kerja itu, dibagi 3 angkatan. Angkatan pertama tanggal 27-29 Juli, angkatan II mulai 1-3 Agustus dan angkatan III mulai 4-8 Agustus nanti. Instruktur dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Badan Perpustakaan dan Arsip Provinsi Bali dan Kantor Arsip Daerah Badung. (BB)


TAGS :

Komentar