12 Jabatan Menteri Jokowi Alami Perubahan. Ini Dia!

  27 Juli 2016 PERISTIWA Nasional

google.com/image

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Nasional. Sekretaris Kabinet Pramono Anung memastikan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wapres Jusuf Kalla (JK) akan melakukan reshuffle kabinet, hari ini, Rabu (27/7/2016).

"Hari ini Presiden dan Wapres secara resmi akan memanggil para menteri yang tepatnya ada kurang lebih 12 jabatan yang mengalami perubahan. Keppresnya sudah ada," kata Pramono di area Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (27/7/2016).

Pramono menambahkan, perubahan tersebut ada menteri yang digeser jabatannya dan ada orang baru yang menggantikan pejabat sebelumnya.

"Secara resmi akan diumumkan oleh Presiden, mudah-mudahan dalam waktu dekat ini," ucapnya.

Berkaitan dengan reshuffle kabinet, Jokowi sedianya akan memanggil para menteri baru tersebut ke Istana pada pukul 10.15 WIB.

"Beliau tentunya ingin pukul 10.15 WIB ini mendengarkan orang-orang yang akan diberikan kepercayaan oleh Presiden untuk kedudukan atau jabatan tersebut," ujarnya.

Pramono menambahkan, pada pukul11.00 WIB, Presiden akan menyampaikan secara resmi kepada publik soal nama-nama menteri baru yang akan bergabung ke dalam Kabinet Kerja.

"Nanti Insya Allah, pukul 11.00 WIB secara resmi Presiden akan menyampaikan kepada publik. Rencana pukul 13.30 WIB, Presiden akan melantk nama-nama tersebut. Pukul 15.00 WIB akan digelar sideng kabinet paripurna bersama para meneri baru di Istana Merdeka," jelasnya.

Ada dua hal yang akan disampaikan Jokowi pada sidang kabinet paripurna itu, yakni berkaitan dengan tugas-tugas baru yang akan diberikan kepada para menteri baru.

Disamping itu, Presiden juga akan menyampaikan masalah ekonomi yang saat ini menjadi fokus pemerintah.

"Tentunya materinya ada dua, pertama berkaitan tugas-tugas baru yang akan diberikan, dibebankan sekaligus kehormatan tentunya. Kedua, soal Pagu Indikatif Tahun 2017 sekaligus tax amnesty," tandasnya.

Inilah 12 menteri baru yang telah beredar luas di media sosial itu yakni:

1. Menkopolhukam : Wiranto

2. Menko Maritim : Luhut B. Panjaitan

3. Menkeu : Sri Mulyani

4. Mendiknas : DR. Muhajir - Mantan Rektor Univ Muhammadiyah Malang

5. Mendag : Enggartiasto Lukito

6. Menteri Agraria :  Sofyan Djalil

7.Menteri Perindustrian : Airlangga Hartarto (Golkar)

8. Wamen Perindustrian : Franky Sibarani

9. Menhub : Budi Karya Sumadi

10. Menteri ESDM : Candra Tahar (alumni ITB/USA)

10. Menpan RB : Asman Abnur (PAN)

11. Menteri PPN/Kepala Bappenas : Bambang Brodjonegoro

12. Kepala BKPM : Thomas Lembong (BB).