Tragis! Truk Hantam Kerumunan Massa, 77 Orang Tewas

  15 Juli 2016 PERISTIWA International

AFP

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Internasional. Sedikitnya 77 orang tewas saat sebuah truk menabrak kerumunan massa yang tengah merayakan Hari Bastille di Kota Nice, Prancis selatan, Kamis malam (14/7/2016) waktu setempat.

Seorang saksi mata mengatakan, sopir sengaja mengarahkan truk trailer yang ia kendarai ke arah kerumunan dengan kecepatan tinggi. Sopir tersebut akhirnya ditembak mati oleh aparat setempat.

Dilaporkan hanya ada satu orang di dalam truk, yaitu seorang laki-laki yang tak lain adalah sopir truk yang telah tewas ditembak polisi. Pihak kepolisian menemukan senjata api dan berbagai jenis senjata lainnya di dalam truk.

"Ada sejumlah pistol dan senjata api yang lebih besar, tetapi saya tak bisa menjelaskan lebih rinci, itu tugas kejaksaan," kata Christian Etrosi, presiden kawasan Provence-Alpes-Cote d'Azur, tempat Nice berada.

Sejauh ini, korban tewas dalam tragedi tersebut sudah mencapai 77 orang dan puluhan lainnya dirawat di rumah sakit, 42 orang di antaranya dalam kondisi kritis.

AFP melaporkan, hantaman truk itu terjadi saat pesta kembang api di perayaan Bastille Day.

Bastille Day merupakan perayaan Hari Nasional Prancis yang dirayakan tiap tanggal 14 Juli. Acara itu berlangsung meriah dengan menampilkan parade militer Prancis, tank, dan jet tempur yang bermanuver di Jalan ChampsElysees.

Pesta ini biasanya berakhir dengan pesta kembang api meriah di atas Menara Eiffel serta kota-kota di seluruh negeri.

Aparat pemerintah setempat, Sebastian Humbert, mengatakan, polisi memutuskan menembak sopir karena serangan itu dianggap sebagai sebuah serangan kriminal besar. (BB/AFP).