BMKG Himbau Warga Bali Waspadai Dampak Hujan Deras 10-14 Juli Ini

  10 Juli 2016 OPINI Nasional

Ilustrasi/Ist

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Nasional. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau untuk mewaspadai gelombang tinggi di wilayah Selatan Pulau Jawa. Gelombang tinggi itu akan disertai dengan hujan deras di wilayah tersebut.

"Masyarakat diharapkan agar berhati-hati karena gelombang tinggi di wilayah Pesisir Selatan Jawa cenderung meningkat pada sore hingga malam hari," ujar Kabag Humas BMKG Hary T Djatmiko, Sabtu (9/7/2016).

Menurutnya ketinggian gelombang akan mencapai 2-4 meter di perairan Selatan Jawa hingga Sumba.

Kondisi ini cukup berbahaya bagi kapal nelayan dan juga bagi masyarakat yang sedang berlibur antara lain di wilayah Pelabuhan Ratu, Pantai Santolo, Pantai Pangandaran, Pantai Cilacap, Parang Tritis, Pantai Pacitan, Pantai Selatan Banyuwangi.

Sementara itu, hujan deras juga menghantui pada 10-14 Juli 2016 di Jawa Barat, Jakarta, Bogor, Depok dan Tangerang, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur dan Papua bagian Selatan.

"Waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang mungkin ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, genangan, jalan licin dan pohon tumbang. Khususnya pada periode arus balik lebaran tahun ini agar pengguna dan operator jasa transportasi darat serta laut untuk selalu mengutamakan keselamatan," tambah Harry. (BB/inilah).