Duet Petruk-Dolar tak Tergantikan!

  09 Juli 2016 PERISTIWA Bangli

istimewa

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Bangli. Salah satu orang yang sangat kehilangan atas meninggalnya pelawak Dolar yang bernama asli I Wayan Tarma adalah I Nyoman Subrata.                                
 
Seniman lawak dengan nama komersial Petruk yang sejak lama berpasangan denfan Dolar itu mengungkapkan kepada baliberkarya.com, Sabtu (9/6/2016) pagi, dirinya sangat sedih kehilangan Dolar.  
 
"Saya dan almarhum  tak bisa terpisahkan oleh apapun. Kalaupun Dolar sudah mendahului pergi, saya tetap merasa Dolar adalah yang paling melekat dalam hidup saya," ujar pelawak dari Br.Kawan, Bangli itu.                                               
 
Petruk tak hanya merasa Dolar sebagai pasangannya yang paling ideal sebagai pelawak. Tetapi, menurutnya, masyarakat pun menilai duet Petruk-Dolar tak tergantikan oleh seniman manapun.                                                       
 
Petruk-Dolar menjadi duet pelawak yang sangat legendaris sejak tahun 1979. Sejak itu pula mereka menjadi maskot dan idola dimanapun pentas. Pada tahun 1983 Petruk-Dolar menjadi juara pertama Festival Lawak se-Bali dalam pentas drama gong Pesta Kesenian Bali di era Gubernur Ida Bagus Mantra.  
 
Sejak itu pula nama mereka terus melambung dan jadwal pentasnya amat padat. Perjalanan karier dengan kondisi fisik yang semakin berusia lanjut, sering membuat duet itu terkena penyakit.  
 
Dolar terserang stroke dan kencing manis pada tahun 2012. Akhirnya menghembuskan nafas terakhir Sabtu (9/7/2016) pagi.                                                           
 
Petruk menilai, pasca kehilangan Dolar, dirinya belum menemukan pasangan main yang hebat. 
 
"Sangat sulit ada regenerasi. Bukannya saya menyombongkan diri, saat ini tak ada regenerasi yang bisa memiliki penggemar fanatik dan begitu mencintai Petruk-Dolar. Beda dengan yang ada sekarang," ujar Petruk Subrata. (BB)