Kader PKK Desa Digenjot Pelatihan Administrasi

  04 Juli 2016 HIBURAN Gianyar

Baliberkarya/ist

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Gianyar.Untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kader TP.PKK desa/ kelurahan, khususnya Pokja II yang membidangi pendidikan, keterampilan dan pengembangan kehidupan berkoperasi, BPMD Kabupaten Gianyar bekerjasama dengan TP.PKK Gianyar mengadakan pelatihan,di PLUT KUMKM di Desa Bedulu, Gianyar, Sabtu (2/7/2016).

Ada tiga jenis pelatihan yang diberikan pada kader desa yaitu pelatihan administrasi Pokja II dan UP2K dimana Pokja II yang membidangi pendidikan dan keterampilan maupun pengembangan kehidupan berkoperasi memiliki kewajiban untuk membinan dan mengembangkan kelompok-kelompok UP2K, pelatihan kader Bina Keluarga Balita (BKB) yang tujuannya untuk meningaktkan pengetahuan para kader agar mampu memberikan penyuluhan bagi keluarga yang memiliki balita. Yang terakhir adalah pelatihan manajemen salon desa dengan tujuan agar para pengelola mengerti manajemen usaha salon.

Ketua TP.PKK Kabupaten Gianyar Ny. Surya Adnyani Mahayastra, yang hadir pada kesempatan itu mengingatkan agar para peserta mengikuti materi pelatiah dengan tekun . baik itu materi administrasi Pokja II, UP2K, BKB maupun manajeman salon desa. Masalah administrasi itu sangat penting, para kader  harus menguasainya. Apalagi dalam menghadapi lomba desa, masalah administrasi maupun mengolahan data sangatlah penting. Begitu pula halnya dalam pengelolaan salon desa, para kader tidak cukup hanya menguasai keterampilan tata rias saja, namun juga harus menguasai bagaimana mengelola administrasi salon, agar salon dapat berkembang dan memberikan keuntungan.

“ Karena tidak semua para kader PKK desa dapat mengikuti pelatihan ini, saya harap peserta pelatihan dapat menularkan ilmu yang mereka dapat selama mengikuti pelatihan. Ilmu yang didapat jangan diendapkan begitu saja, namun harus dikembangkan agar memberikan manfaat yang maksimal,” tegas Ny. Adnyani Mahayastra.

Dijelaskan jugapelatihan ini merupakan awal dari pembinaan yang akan dilaksanakan oleh TP,PKK Kabupaten Ginyar bagi TP.PKK DEsa/ kelurahan di tahun 2017.

Sementara itu Kepala BPMD Kabupaten Gianyar, I Ketut Suweta mengatakan, dalam upaya memasyarakatkan gerakan PKK serta meningkatkan pemahaman masyarakat tentang keberadaan program ataupun kegiatan PKK, pelatiah semacam ini sangat penting secara rutin di adakan.  Apalagi para kader desa inilah yang akan menjadi ujung tombak di masyarakat dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat mlalui program=program PKK. Meningkatkan kemampuan mereka baik itu keterampilan (skill), administrasi harus terus dikembangkan, agar bias memberikan pelayanan maksiml di masyarakat.

Pelatihan di ikuti sekitar 76 orang kader desa dari 7 Kecamatan di Kabupaten Gianyar. (BB).