Sadis, Truk Penuh Bahan Peledak Diledakkan Tewaskan 125 Orang

  04 Juli 2016 PERISTIWA International

Ilustrasi

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Internasional. Pemerintah Irak mengumumkan tiga hari berkabung nasional setelah serangan bom di Ibu Kota Baghdad yang telah menewaskan sedikitnya 125 orang dan melukai 152 orang, pada MInggu pagi (3/7/2016) waktu setempat.
 
Sebuah truk yang dipenuhi bahan peledak diledakkan di distrik Karrada saat warga setempat berbelanja pada liburan akhir Ramadhan.
 
Tim penyelamat mengatakan ada sebuah keluarga yang seluruhnya tewas dan kebanyakan korban terbakar akibat ledakan tersebut.
 
Kelompok yang menamakan dirinya ISIS mengaku bertanggungjawab atas dua serangan bom bunuh diri ini.
 
Perdana Menteri Irak Haider al-Abadi, yang mengunjungi lokasi ledakan kedua di wilayah Syiah, justru disambut amarah oleh warga setempat.
 
Kantor perdana menteri kemudian mengumumkan hari berkabung nasional selama tiga hari, dan memahami kemarahan warga tersebut, demikian lansir BBC.
 
Hingga Minggu malam waktu setempat, tim penyelamat terus bekerja membersihkan puing-puing dan reruntuhan gedung serta terus mencari jasad korban.
 
Bom yang disebut paling mematikan dalam setahun terakhir ini diledakkan sepekan setelah pasukan Irak menguasai kembali Kota Fallujah dari cengkeraman ISIS.
 
Sejumlah laporan menyebutkan bom pertama meledak di dekat pusat pertokoan terkenal al-Hadi Centre. Adapun bom kedua diledakkan di wilayah utara ibu kota Irak, Baghdad, yang dipadati warga Syiah. (BB/BBC).