Pelabuhan Gilimanuk Siapkan Puluhan Kapal Seberangkan Pendatang Mudik ke Jawa

  04 Juli 2016 PERISTIWA Jembrana

Foto : Baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Jembrana. Untuk melayani pendatang yang merantau di Bali dan hendak menyeberang mudik hari raya Lebaran ke Pulau Jawa, pihak PT Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry (Persero), Cabang Pelabuhan Penyeberangan Gilimanuk mengoperasikan 41 kapal dengan 212 trip.
 
Sesuai data PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) terungkap jika jumlah kendaraan bermotor dan penumpang arus mudik kali dibanding tahun lalu terjadi peningkatan yang signifikan.
 
"Iya kali ini kita mengoperasikan 41 unit kapal dengan 212 trip untuk membantu menyeberangkan para pemudik," ucap Manajer Usaha ASDP Gilimanuk Sugeng Purnomo kepada awak media, Senin (4/7/2016).  
 
Berdasarkan data terakhir Minggu kemarin, jumlah penumpang yang menyeberang ke Jawa tercatat 63.717 orang orang. Jumlah itu naik naik 6% dibanding tahun lalu yakni tercatat 60.347 orang penumpang.
 
Sedangkan kendaraan bermotor tercatat 13.952 unit roda dua dan 6.405 unit roda empat atau naik 17% dibanding tahun lalu yang berjumlah 5.463 unit.
 
Sugeng Purnomo mengaku jumlah kapal yang beroperasi ini belum termasuk puncak mudik yang semestinya 48 unit kapal dari 53 unit kapal yang tersedia. 
 
"Dini hari ini hingga siang ini diperkirakan akan kembali terjadi antrean kendaraan khususnya roda empat," ungkapnya.(BB).