Wartawan Professional Pemenang Nobel Perdamaian Tutup Usia

  03 Juli 2016 PERISTIWA Nasional

nytimes

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Nasional. Elie Wiesel salah satu pemenang anugerah Nobel Perdamaian tutup usia dalam usia 87 tahun.

Weisel merupakan salah seorang yang mampu bertahan hidup dalam kamp-kamp Nazi dan kemudian menjadi penulis terkenal.

Yad Vashem Holocaust Memorial mengumumkan kematian Elie Wiesel hari Sabtu (2/7/2016), tetapi tidak merinci lebih lanjut.

Sementara itu, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengenang Wiesel dengan mengatakan bahwa dirinya memberi ekspresi pada kemenangan semangat kemanusiaan terhadap kejahatan dan kekejaman.

Wiesel, pria kelahiran Romania itu dikirim ke kamp konsentrasi Auschwitz tahun 1944 bersama sebagian besar keluarga dekatnya. Kedua orang tua dan kakak perempuannya dibunuh, tetapi ia bertahan hidup dan memulai karir sebagai wartawan professional.

Karena bujukan seorang penulis Prancis, akhirnya ia mengisahkan pengalaman hidupnya di kamp konsentrasi dan menerbitkan memoar berjudul 'Night' tahun 1958.

Memoar yang terbit dalam 30 bahasa dan terjual hingga jutaan kopi ini menjadi buku wajib di sejumlah sekolah di seluruh dunia, dan bagi siapa pun yang ingin mengetahui tahun-tahun paling kelam dalam sejarah manusia.

Wiesel menulis beberapa catatan lain tentang holocaust, juga buku-buku fiksi dan non-fiksi. Pada tahun 1986 ia memenangkan hadiah Nobel Perdamaian karena berbicara lantang menentang perang, diskriminasi dan tekanan terhadap HAM, serta karena berhasil menghidupkan kenangan atas holocaust.

Wiesel juga dianugerahi US Presidential Medal of Freedom, the French Legion of Honor Grand Cross dan diberi gelang kebangsawanan Commander of the Order of the British Empire. (BB/inilah).