Inilah Sebenarnya Isi dari Kotak Hitam Pesawat. Simaklah!

  03 Juli 2016 OPINI Nasional

istimewa

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Nasional. Pernahkah Anda penasaran apa isi dari kotak hitam pesawat? Kotak hitam atau black box adalah sekumpulan perangkat yang digunakan dalam bidang transportasi umumnya merujuk kepada perekam data penerbangan (flight data recorder/ FDR) dan perekam suara kokpit (cockpit voice recorder/ CVR) dalam pesawat terbang.

Fungsi dari kotak hitam sendiri adalah untuk merekam pembicaraan antara pilot dan pemandu lalu lintas udara atau air traffic control (ATC) serta untuk mengetahui tekanan udara dan kondisi cuaca selama penerbangan.

Walaupun dinamakan kotak hitam tetapi sesungguhnya kotak tersebut tidak berwarna hitam tetapi berwarna jingga (oranye). Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan pencarian jika pesawat itu mengalami kecelakaan.

Penempatan kotak hitam ini dilakukan sedemikian rupa sehingga mudah ditemukan. Umumnya terdapat dua unit kotak hitam yang diletakkan pada bagian depan pesawat dan bagian ekor pesawat, yang diyakini merupakan bagian yang utuh ditemukan. 

Dan jika anda ingin melihat gambar video lebih jelasnya, sebuah video di YouTube akan mencoba menjelaskannya. Saluran What's Inside? di YouTube melalui video unggahan terbarunya akan mencoba memperlihatkan apa isi dari kotak hitam pesawat tersebut. (BB/inilah).