Pimpin Dekranasda, Ny. Selly Mantra Siap Kembangkan Industri Kreatif di Denpasar

  23 Juni 2016 PERISTIWA Denpasar

Baliberkarya/ist

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar . Ny. IA. Selly Dharmawijaya Mantra kembali pimpin Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Denpasar.  
 
Pelantikan dan Serah Terima Jabatan Ketua Dekranasda Denpasar dan Kabupaten Se-Bali periode tahun 2016-2021 dilaksanakan Rabu (22/6) di Gedung Wiswasabha, Kantor Gubernur Bali, oleh Ketua Dekranasda Propinsi Bali Ny. Ayu Pastika. Upacara pelantikan ini juga dihadiri Sekda Kota Denpasar AAN. Rai Iswara.
 
Ditemui usai dilantik Ny. Selly Mantra mengaku akan terus mengembangkan industri dan  kerajinan kreatif di Kota Denpasar. Menurutnya kerajinan yang tumbuh di masyarakat harus terus di dorong dan ditingkatkan sehingga mampu mengangkat perekonomian daerah. 
 
Selly Mantra yang berhasil mengembangkan dan mengangkat kain endek sehingga menjadi populer saat ini bahkan sampai ke tingkat nasional menambahkan  perlu adanya inovasi oleh para pengerajin tradisional terutama di sisi kualitas dan desain agar menarik minat konsumen. " Dengan berinovasi di sisi desain, para pengerajin yang rata- rata masih menjual kerajinan di pasar tradisional memiliki nilai lebih dan mampu bersaing dengan penjual kerajinan di pasar modern” ujar Ny. Selly  Mantra. 
 
Ditambahkan  para pengerajin di Denpasar perlu melakukan terobosan dalam upaya meningkatkan kualitas dan pemasaran sehingga mampu bersaing dengan pengerajin dari daerah lain. 
 
Selebihnya menurut Istri Walikota Denpasar ini  berharap para perajin bisa memiliki ciri khas di dalam karya-karya yang di buat, agar ke depannya perajin, bisa jauh lebih maju dan mampu bersaing dalam perekonomian global. 
 
Apalagi dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) kompetensi harus menjadi hal yang utama, apalagi dalam produk harus mempunyai nilai tambah yang bisa menjadi kebanggan daerah.
Sekda Kota Denpasar, AAN Rai Iswara, yang hadir pada kesempatan tersebut mengucapkan selamat atas terpilihnya Ketua Dekranasda Kabupaten/Kota Se- Bali Periode 2016-2021. 
 
“Dekranasda diharapkan menjadi sumbu penguat dan pembina pengerajin- pengerajin di Bali, khususnya di Kota Denpasar. Berbeda dengan wilayah lain di indonesia, Bali memiliki potensi di bidang kerajinan. Sejak dahulu orang Bali telah terampil memanfaatkan segala macam hal yang tersedia di alam seperti Kayu dan Batu dan menjadikannya barang kerajinan yang bernilai jual tinggi. Potensi inilah yang harus dikembangkan dan dikuatkan lagi oleh pemerintah demi kesejahteraan masyarakat. 
 
Disinilah peran Dekranasda untuk memayungi dan mengembangkan produk kerajinan dan mengembangkan usaha tersebut, serta berupaya meningkatkan kehidupan pelaku bisnisnya, yang sebagian merupakan kelompok usaha kecil dan menengah (UKM)" ujar Rai Iswara. (bb)