Tingkatkan Kualitas SDM Menjadi Entrepreneur Mandiri

  20 Juni 2016 PERISTIWA Klungkung

Baliberkarya/ist

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Klungkung. Pemberdayaan masyarakat merupakan modal dasar dalam membangun daerah, karena pembangunan sekarang ini berkonsep pembangunan dari desa. 
 
Hal ini disampaikan Bupati Klungkung, Nyoman Suwirta ketika membuka secara resmi kegiatan peningkatan kuantitas dan kualitas tenaga kerja mandiri untuk penciptaan wirausaha baru di Balai Desa Paksebali, Kecamatan Dawan, Senin (20/6/2016). 
 
Menurut Suwirta, modal penting dalam membangun negara adalah sumber daya manusia (SDM). “Masyarakat kalau sudah banyak menjadi Entrepreneur (wirausaha) artinya masyarakat tidak lagi menggantungkan diri kepada pemerintah,” ujarnya. Kondisi ini bisa terbalik apabila di negara tersebut tidak ada Entrepreneur atau pengusaha, sehingga akan muncul titik kemiskinan karena disana banyak masyarakat tidak bekerja. 
 
Kegiatan peningkatan kuantitas dan kualitas tenaga kerja mandiri untuk penciptaan wirausaha baru di dua Desa, yakni Desa Paksebali dan Dawan Kaler ini diikuti masing – masing Desa sebanyak 20 peserta. Kepada peserta, Bupati Suwirta mengingatkan untuk selalu mengikuti kegiatan dengan baik, sehingga pada nantinya akan menjadi wirausaha atau pengusaha tangguh, berkualitas dan mandiri. 
 
“Kalau menjadi pengusaha itu harus mempunyai kualitas dan daya saing,” ujar Bupati Suwirta. Kepada narasumber, Bupati meminta agar para peserta bisa diberikan motivasi dan penguatan termasuk mengajarkan tentang pengelolaan dana. “Ajarkan juga mereka tentang penguatan dan pengelolaan dana,” pintanya. 
 
Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disosnakertran) Klungkung, Ida Bagus Anom Adnyana menyebutkan, kegiatan ini dimaksudkan untuk membentuk tenaga kerja mandiri sebagai bagian pelaksanaan program penciptaan lapangan kerja. “Mereka dibina dan dikembangkan menjadi kader – kader wirausaha baru atau pengusaha pemula yang mandiri,” ujar Anom Adnyana. 
 
Acara pembukaan kegiatan peningkatan kuantitas dan kualitas tenaga kerja mandiri untuk penciptaan wirausaha baru disaksikan perwakilan Camat Dawan, Perbekel Desa Paksebali, Putu Ariyadi, Perbekel Desa Dawan Kaler, Kadek Sudarmawa serta undangan lainnya. (bb)