Ini 7 Manfaat Konsumsi Jantung Pisang Buat Kesehatan Anda

  16 Juni 2016 KESEHATAN Nasional

istimewa

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Nasional. SIAPA yang tidak pernah memakan buah yang kaya akan kandungan berbagai vitamin dan mineral ini. Adalah buah pisang, buah ini juga dikenal dapat membantu suasana hati dan memberikan energi alami ke dalam tubuh.
 
Sebagian dari kita mungkin belum mengetahui tentang manfaat lain dari pisang, selain buahnya yang sehat, ternyata jantung buah pisang juga dikemas dengan kandungan nutrisi, tak kalah seperti buahnya. Mari kita lihat apa saja kandungan jantung pisang:
 
1. Mengatasi anemia
Zat besi adalah mineral utama yang diperlukan untuk menjaga produksi sel darah menjadi sehat. Jadi, kantung zat besi dalam jantung pisang dapat meningkatkan produksi sel darah merah, sehingga menyembuhkan anemia.
 
2. Mengatur siklus menstruasi yang tidak lancar 
Dengan mengatur hormon-hormon dalam tubuh, jantug pisang dapat mengurangi berbagai gangguan menstruasi seperti menstruasi yang tidak teratur, pendarahan yang berlebihan, dan nyeri panggul yang ekstrim selama periode.
 
3. Meningkatkan nutrisi tertentu
Kandungan Laktasi yang ditemukan di jantung pisang dapat merangsang saluran susu di payudara ibu baru, sehingga meningkatkan produksi lebih banyak susu.
 
4. Membantu mengobati diabetes
Studi penelitian telah menunjukkan bahwa jantung pisang memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar gula darah hingga batas tertentu, dengan demikian jantung pisang dapat mengendalikan gejala diabetes.
 
5. Meningkatkan kesehatan uterus
Jantung pisang kaya akan nutrisi seperti zat besi, kalsium dan tembaga, semua kandungan itu berfungsi untuk memperkuat dinding rahim dan mencegah infeksi rahim, dengan demikian dapat meningkatkan kesuburan.
 
6. Meredakan sembelit
Jantung pisang juga kaya akan serat, mereka dapat meningkatkan gerakan usus dalam tubuh, sehingga memudahkan limbah untuk melewati usus, sehingga mengurangi sembelit dan tumpukan.
 
7. Mengurangi peradangan dan infeksi
Jantung pisang bersifat antibakteri dan anti - inflamasi, sehingga dapat mengurangi kondisi seperti maag, nyeri sendi, dan infeksi.
Jantung pisang telah digunakan dalam berbagai pengobatan herbal, sejak zaman dahulu untuk mengobati berbagai gangguan kesehatan. Juga, jantung pisang dapat dijadikan bagian dari program diet, dengan menambahkannya kedalam salad sayur. Atau, bisa membuatnya menjadi jus. (BB/inilah).