Sekkot Buka Kemah Budaya IX Kota Denpasar

  15 Juni 2016 PERISTIWA Denpasar

Baliberkarya/ist

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Untuk menggugah remaja-remaja Kota Denpasar dalam melestarikan dan menjaga Budaya yang ada di Bali khususnya di Kota Denpasar, dan juga untuk membuka kesadaran generasi muda Kota Denpasar tentang pentingnya upaya pelestarian budaya, Pemerintah Kota (Pemkot) Denpasar melalui Dinas Kebudayaan Kota Denpasar bersinergi dengan Kader Pelestari Budaya Kota Denpasar mengadakan Kemah Budaya setiap tahunya, yang kali ini Kemah Budaya sudah masuk tahun ke IX, Rabu (15/6/2016) di Subak Sembung, Kelurahan Peguyangan, Denpasar Utara.
      
Kemah Budaya ini dihadiri dan dibuka lSekda Kota Denpasar AAN Rai Iswara yang ditandai dengan penyematan tanda peserta dan pemukulan kulkul.
 
Didampingi Plt. Kadis Kebudayaan Ni Nyoman Sujati dan Kabag Kesra Kota Denpasar IGN Bagus Mataram, Sekda Rai Iswara dalam sekapur sirihnya mengungkapkan apresiasinya kepada adik-adik yang tergabung dalam Kader Pelestari Budaya Kota Denpasar yang sudah membuat suatu kegiatan positif yang dikemas dalam sebuah Kemah Budaya, yang secara rutin dilaksanakan setiap tahunya.
 
Dengan harapan dalam kemah budaya ini timbul ide-ide cerdas dalam pelestarian kebudayaan itu sendiri, dimana ide-ide cerdas ini bisa terakomodasi dalam sebuah usul atau rekomendasi kepada Pemerintah maupun masyarakat.
 
Dan dari kemurnian pola pikir Kader Pelestari Budaya itu akan di coba dibuatkan suatu sandaran kedepannya, bagaimana langkah-langkah Pemerintah Kota untuk benar-benar menjaga Kota Denpasar ini berpangkal dari kebudayaan itu sendiri.
 
Dimana nantinya kader-kader budaya ini lah benteng utama dan pertama dalam menjaga budaya yang sebagai nafas prosesi pembangunan di Kota Denpasar, karena tema budaya ini menjadi isu sentral visi dari pada Pemerintah Kota Denpasar.
 
Selain itu ini juga sebagai salah satu perbaikan moral generasi muda agar tidak terpengaruh dalam kegiatan yang buruk didalam mengisi pembangunan ini secara maksimal, dengan mengisi liburan sekolah ini dengan berbagai kegiatan positif seperti kemah budaya ini dan berbagai macam kegiatan positif lainya yang di adakan oleh Pemerintah Kota Denpasar dengan seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang ada di lingkungan Pemkot Denpasar.
 
Sementara Ketua Panitia Kemah Budaya IX Kota Denpasar I Gede Adi Laksana Jagadhita dalam laporannya mengatakan, Kemah Budaya ini akan di adakan selama empat hari yang sudah dimulai dari tanggal 14 sampai dengan 17 Juni 2016, yang di ikuti oleh 11 kontingen dari SMA Negeri maupun swasta se-Kota Denpasar, dengan masing-masing kontingen beranggotakan 4 orang yang di bagi menjadi 2 putra dan 2 putri.
 
Adapun kegiatan secara umum yang dilaksanakan pada acara kemah budaya ke IX meliputi, ceramah umum, study lapangan, outbond, lomba karya tulis, lomba kesenian tradisional, lomba parum dan lomba keterampilan budaya yang meliputi lomba gebogan dan ngelawar. (bb)