Ternyata, Ada 6 Manfaat Menyanyi Bagi Kesehatan Anda

  04 Juni 2016 KESEHATAN Nasional

istimewa

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Nasional. APAKAH Anda hobi menyanyi? Tentu bukan berarti Anda harus berdiri di panggung ketika melakukan aktivitas ini. Mungkin Anda sangat gemar melakukannya di kamar saat sendiri?
 
Sejak kecil tampaknya hampir sebagian besar dari kita telah diperkenalkan dengan kegiatan menyanyi. Telinga kita sangat familiar dengan berbagai lagu anak-anak, mulai dari Balonku, Bintang Kecil, Pelangi, sampai lagu barat yang sempat booming di tahun 90-an, I Have A Dream.
 
Mari bersyukur. Siapa sangka aktivitas yang menyenangkan ini juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Melansir dari laman prevention.com, ini adalah 6 cara mengapa aktivitas menyanyi memiliki manfaat kesehatan. Mari sama-sama kita simak yuk!
 
1.Meredakan stres dan meningkatkan kualitas hidup
Riset menunjukkan bahwa mood positif mengubah para penyanyi atau paduan suara memiliki perasaan yang lebih bahagia, tidak merasa kesepian, tidak stres, dan secara keseluruhan lebih berani dalam menghadapi tantangan hidup. 
Kebanyakan dari riset tersebut adalah mengukur mood seseorang, bukan perubahan secara fisiologi.
 
2. Tumbuhkan ikatan kedekatan
Sebuah riset terbaru menunjukkan bahwa meskipun baru terbentuk selama satu bulan anggota kelompok klub menyanyi memiliki perasaan lebih dekat satu sama lain dibandingkan anggota kelompok klub menulis dan kerajinan tangan. 
 
Salah satu peneliti menyebutkan bahwa menyanyi memiliki efek ice breaker yang bisa memecahkan kecanggungan, bukannya justru memberikan tekanan dalam memberikan kesan pertama.
 
3. Tingkatkan daya tahan tubuh pasien kanker 
Menyanyi memang tidak akan menyembuhkan penyakit berbahaya seperti kanker. Namun, riset menunjukkan bahwa setidaknya ini membantu. 
Para peneliti menguji beberapa sampel saliva dari pasien kanker menemukan meningkatnya sistem imun tertentu (sitokin) setelah mengikuti kegiatan menyanyi selama satu jam. Mereka juga menemukan tingkat hormon stres kortisol yang menurun.
 
4. Menghindari kebiasaan mendengkur
Dalam sebuah penelitian yang melibatkan kelompok penyanyi koor dan kelompok bukan penyanyi di London, peneliti menjumpai tingkat dengkuran di kelompok penyanyi menurun meskipun sudah dipicu oleh beberapa faktor agar mendengkur. 
Menguatkan otot-otot yang dilewati saluran udara dapat menghindarkan suara dengkuran pada saat tidur.
 
5. Bagus untuk kesehatan jantung
Menyanyi membutuhkan pola tertentu dalam mengambil nafas. Seperti yoga, menyanyi dapat membantu kualitas rata-rata denyut jantung seseorang. 
Dalam penelitian juga ditemukan bahwa denyut jantung di antara para anggota di sebuah kelompok paduan suara tersinkronisasi satu sama lain, yang kemungkinan merupakan faktor dari kuatnya ikatan sosial di antara mereka.
 
6. Membantu seorang penderita asma
Ada sebuah pepatah, menyanyi adalah cara yang menyenangkan untuk bernafas. Beberapa peneliti sebenarnya masih meragukan apakah cara bernafas tertentu dapat membantu penyembuhan penyakit pernafasan. Namun, sebuah riset memperlihatkan bahwa menyanyi dapat memperbaiki fungsi paru-paru dan mengurangi gejala asma ringan. (BB/Inilah).