Pelaku Pariwisata Hargai Waktu & Perhatikan 5 Hal Ini

Baliberkarya.com - Denpasar. Founder atau pendiri Pabrik Kata-Kata, Mr. Joger kali mengingatkan kepada para pengusaha dan pelaku pariwisata di Bali agar menghargai waktu. Joger mengajak mereka menghargai waktu daripada uang. 

Menurut pria nyentrik yang dikenal murah senyum itu, waktu harus dihargai, karena waktu lebih berharga daripada uang. Karena banyak orang yang punya uang, tapi tidak punya waktu. Tapi ada juga yang malah banyak punya waktu tapi tidak punya uang. 

"Banyak sekali orang sesat. Dan banyak yang berhasil setelah saya sesatkan. Jadi dalam hidup ini jangan terlalu kaya apalagi terlalu miskin," katanya saat menjadi pembicara saat seminar New Market + New Marketing dari Founder serangkaian HUT ke-10 Bali Villa Association (BVA) Bali di Gedung Ksinarnawa, Art Center, Denpasar, Senin (30/5/2016).

 

Tidak hanya itu, Joger mengingatkan ada 5 hal yang juga perlu diperhatikan. 

 

1. Perhatikan Etika

Pada dasarnya perlu diperhatikan soal etika agar dengan niat yang benar-benar baik, tapi jangan terlalu baik nanti bisa dicurigai. 

Berhubungan juga menurutnya harus berdasarkan kewajaran dan perlu ada ilmu teroritis dan praktis. Jangan hanya terori saja, namun harus diprakteknya dengan sewajarnya lagi.

 

2. Interest 

Minat harus lebih hebat yang muncul agar lebih bagus dan menarik. 

 

3. Miliki Karisma

Yang ketiga harus punya karisma, karena setiap orang punya interest itu beda.

 

4. Izin dari penguasa. 

Jadinya dimana bumi dipijak disana langit ditunjung. Dikatakan jika di Bali harus ikut aturan di Bali. Jika di rumah, harus ikut aturan di rumah. 

Tapi penguasa yang harus dimintai izin ada disetiap diri sendiri yang sudah menguasai dirinya sendiri. Karena orang harus merdeka, jadinya bisa menguasai dirinya sendiri. 

 

5. Mohon Izin Sang Pencipta

Izin dari yang maha kuasa sebetulnya izin adalah hal yang paling penting. 


TAGS :

Komentar