Bagi Anda Pemula, Ini 5 Tips Jitu Agar Sukses Berinvestasi

  30 Mei 2016 EKONOMI Nasional

istimewa

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Nasional. Banyak orang seringkali menilai bahwa investasi adalah hal yang mudah untuk dijalani. Akibatnya, kebanyakan dari mereka kemudian mencoba untuk berinvestasi yang sayangnya tidak dilakukan dengan cara yang benar dan sesuai.
 
Penilaian tersebut pada akhirnya hanya berujung pada kegagalan. Sebetulnya kita sudah tahu atau bahkan melihat secara langsung bahwa ada begitu banyak para investor pemula yang justru terjerumus dalam kegagalan yang kemudian mengakibatkan mereka kehilangan uang-uangnya dalam jumlah yang cukup besar.
 
Padahal banyak hal yang perlu kamu pelajari sebelum memulai berinvestasi dan berikut kami jabarkan kepada anda 5 cara jitu berinvestasi khusunya bagi kamu yang baru memulai untuk berinvestasi.
 
1. Mengatur Tujuan Berinvestasi
 
Jika memilki minat berinvestasi di pasar saham, kamu harus telah mengetahui dan merencanakan maksud dan tujuan dari investasi yang akan kamu lakukan, seperti membiayai pendidikan, asuransi hari tua atau lain sebagainya.
 
Rencanakan dengan matang dan lakukan penelitian kira-kira berapakah dana yang diperlukan untuk mewujudkan tujuan hidupmu itu melalui jalan investasi. Lakukanlah segala hal dengan realistis agar kamu mendapatkan hasil memuaskan dari investasi yang akan kamu lakukan dan apabila ada kegagalan maka kerugian yang kamu derita pun tidak terlalu berat karena pola pendanaan investasi realistis yang kamu lakukan.
 
2. 2. Ketahui Risiko dalam Berinvestasi
 
Ingatlah untuk bermain nalar dan logika dalam berinvestasi, lakukan riset terlebih dahulu pada bidang investasi yang akan kamu geluti, pastikan untuk merangkum dan mempertimbangkan segala risiko yang mungkin akan terjadi di masa yang akan datang.
 
Hal ini akan membantumu untuk membuat keputusan terbaik dalam investasimu kedepannya agar kamu dapat meraih keuntungan jangka panjang nantinya.
 
3. Pahami Dasar Berinvestasi
 
Sebelum berinvestasi kamu harus mempelajari terlebih dahulu apa itu investasi dan berapa banyak jenisnya. Pilihlah investasi yang sesuai dengan kemampuanmu jangan sampai memilih investasi yang akan memeberatkanmu dimasa mendatang.
 
Pahamilah bagaimana uang kamu akan diinvestasikan. Sehingga kamu akan memiliki ide bagaimana membuat uangmu berinvestasi menjadi lebih banyak lagi hingga dapat menguntungkanmu lewat pembelajaran investasi tersebut.
 
4, . Bermainlah dalam Jumlah Kecil Terlebih Dahulu
 
Mengingat kemungkinan menghasilkan kerugian bisa sangat besar, sebagai pemula sebaiknya kamu bermain dalam jumlah yang kecil dulu, misalnya Rp10 juta atau Rp20 juta. Selain itu kamu juga bisa melakukan yang namanya pilot project. Kalau kamu sudah mulai merasa nyaman dan mengetahui dengan baik cara menghasilkan keuntungan, maka perlahan tapi pasti kamu bisa menambah jumlah uang yang diinvestasikan.
 
5. Gunakan Kocek Pribadi
 
Ingatlah untuk tidak menginvestasikan uang yang dipinjam dari bank atau layanan lainnya. Karena hal tersebut berpotensi untuk menghancurkan margin keuntungan investasimu. Dengan menginvestasikan uang yang dipinjam, maka timbulnya faktor lain yang harus menjadi pemikiran kita selanjutnya maka akan sangat membahayakan kehidupan kita selanjutnya, ingat bahwa kita tidak akan pernah tahu seperti apa biaya bunga dari pinjaman tersebut kelak. (BB/Inilah).