Agar Internet Cepat, FB & Microsoft Lakukan Ini di Dasar Lautan

  28 Mei 2016 EKONOMI Nasional

ap

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Nasional. Microsoft Corporation dan Facebook Inc. telah sepakat untuk membangun kabel di bawah laut di Lautan Atlantik untuk memenuhi permintaan internet berkecepatan tinggi dan layanan cloud.

Microsoft dan Facebook mengumumkan langkah itu dan menyebut kabel sepanjang 6.600 kilometer itu 'MAREA', nama yang diambil dari kata Spanyol yang berarti 'gelombang' dan akan membentang dari negara bagian Pantai Timur Amerika, Virgina sampai ke Bilbao, Spanyol.

Dari Spanyol kabel itu akan dihubungkan dengan pusat-pusat jaringan di Afrika, Asia, Timur Tengah, dan bagian-bagian lain Eropa, demikian lansir VOA News.

Perusahaan itu mengatakan pemasangan kabel itu akan dimulai pada Agustus tahun ini dan berakhir bulan Oktober 2017. Kabel itu diperkirakan akan mempunyai kapasitas 160 terabits per detik, sekitar 16 juta kali lebih cepat dari sambungan internet di rumah-rumah di AS.

Pengumuman tersebut disampaikan hampir dua tahun setelah Google mengumumkan kesepakatan serupa dengan lima perusahaan Asia untuk memasang kabel jaringan trans-Pasifik yang menghubungkan AS dengan Jepang.

Pusat-pusat data di bawah laut juga dianggap sebagai kemungkinan untuk menyimpan dan mengelola data dalam jumlah teramat besar dengan menggunakan sumber daya energi laut supaya tetap dingin. (BB/Inilah).