6 Kebiasaan Baik Ini Dapat Mempertajam Ingatan Anda

  21 Mei 2016 KESEHATAN Nasional

Google/images

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com, Apakah Anda ingin menjadi seseorang yang lebih cerdas? Mengingat sesuatu dengan lebih mudah? Kemampuan otak pun meningkat?

6 kebiasaan berikut dapat membantu mempertajam ingatan Anda seperti dilansir pada laman lifehack.com.

 

1. Optimalkan waktu tidur.

Kita menghabiskan sepertiga dari waktu yang kita miliki untuk tidur. Jika belum, setidaknya kita harus mengusahakannya. Setiap tidur kita melewati tiga fase. Fase pertama adalah light sleep, yaitu 30 menit pertama di mana kita baru saja merasakan kantuk.

 

Fase kedua adalah deep sleep yaitu saat tidur menjadi waktu untuk tubuh melakukan recovery. Fase ketiga adalah dream stage, yaitu fase di mana otak dan pikiran sedang mengalami perbaikan alami. Memiliki waktu tidur yang cukup akan membuat fungsi tubuh bekerja lebih efisien.

 

2. Optimalkan menu makan. 

Jika Anda ingin performa otak bekerja dengan baik, maka isi tubuh dengan makanan bernutrisi. Banyak makanan yang dapat menghasilkan dopamine dan dapat membuat Anda merasa lebih baik.

 

3. Mencatat.

Otak Anda memiliki respon yang berbeda antara menulis catatan dengan menggunakan tangan dan mengetiknya di ponsel atau komputer. Mencatat dengan tangan dapat membuat apa yang Anda tuliskan lebih melekat dalam pikiran, sehingga otak cenderung lebih cepat mengingat apa yang dicatat di kertas.

 

4. Keluar dari zona nyaman. 

Keluar dari zona nyaman dan melakukan sesuatu yang baru, dapat memberikan efek pada otak Anda dalam melihat sesuatu. Otak Anda menampilkan reaksi yang berbeda karena lingkungan yang berbeda. Dengan kata lain, beberapa bagian otak Anda yang sebelumnya diam akan muncul dan bekerja dalam rangka merespon hal baru yang Anda hadapi.

 

5. Olahraga.

Selain bermanfaat bagi tubuh, olahraga juga sangat baik untuk otak. Saat berolahraga, otak kita memproduksi endhorpin yang membuat perasaan kita lebih baik. Latihan fisik juga dapat menurunkan stres, karena kegiatan ini mampu mengeliminasi hormon kortisol. Berolahraga dapat membuat Anda berpikir lebih jelas.

 

6. Fokus.

Melakukan pekerjaan dengan multitasking hanya akan mengurangi produktivitas Anda. Kerjakanlah setiap pekerjaan satu per satu dan berikan fokus 100% untuk menyelesaikannya. Selain lebih efisien, Anda juga tidak mudah stres dan Anda dapat berpikir dengan lebih jelas.

 

Mulailah untuk mencoba kebiasaan-kebiasaan tersebut. Otak Anda tidak hanya semakin tajam, tapi mood Anda juga akan semakin baik setiap harinya.

Selamat Mencoba. (BB/Inilah).