5 Tips Ini Atasi Stres Dengan Cara Sederhana

  19 Mei 2016 KESEHATAN Nasional

baliberkarya.com/Ist

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com. Nasional- Pada kondisi ringan, stres adalah gangguan yang sangat wajar. Namun, dalam kondisi yang lebih buruk, stres anda harus segera ditangani.
 
Setiap hari kita menghabiskan waktu dan melakukan banyak kegiatan yang bisa menyebabkan stres. Mulai dari pakaian kotor yang menumpuk, sampai hal serius seperti kehilangan. Mungkin kita sulit mengontrol keadaan untuk menghindari stres, namun kita bisa mengontrol respon jika kita mengalaminya.
 
Ada lima langkah sederhana yang bisa kita lakukan yaitu:
 
1. Mengenali dan menerima perasaan.
Mencoba menghindari perasaan tidak enak, seperti kegelisahan atau cemas, hanya akan membuat tubuh Anda resisten dan dapat memicu gangguan, seperti pusing atau sakit kepala. Jika stres muncul, langkah pertama adalah sadar bahwa kita sedang stres.
 
2. Rasakan perubahan pada tubuh Anda.
Di mana tubuh Anda merespon stres yang Anda rasakan? Apakah dada Anda sesak? Apakah debar jantung Anda meningkat? Mengenali ada sesuatu yang ganjal di tubuh Anda dapat mempermudah Anda menangani stres.
 
3. Bernapas dengan perlahan. 
Cara paling sederhana untuk mengembalikan keseimbangan dan ketenangan adalah dengan meluangkan waktu untuk bernapas dengan penuh konsentrasi. Fokuskan pikiran Anda dan ajak perasaan Anda untuk lebih tenang dan lebih bersemangat.
 
4. Ikuti rasa penasaran.
Stres membuat perasaan kita campur aduk. Marah, sedih, menyalahkan diri sendiri, kecewa, ragu, dan sebagainya. Tutup mata Anda, rasakan dengan baik kegelisahan Anda, ucapkan dalam hati bahwa menerima seluruh perasaan itu, melewatkannya dengan baik, dan tidak akan melawannya.
 
5. Sayangi diri Anda .
Saat stres kita cenderung mencari berbagai alasan untuk menyalahkan diri sendiri. Alih-alih melakukannya, stres justru waktu yang tepat untuk Anda lebih menghargai dan menyayangi diri. Yakinlah, dengan Anda menerima diri Anda dengan lebih baik, maka perasaan stres pun menjadi jauh lebih ringan. (BB/ Inilah)