Polres Jembrana Siap Atur Mudik Lebaran

  16 Mei 2016 PERISTIWA Jembrana

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com. Polres Jembrana bersiap mengatur arus mudik lebaran, khususnya di Pelabuhan Gilimanuk, dengan melakukan rapat koordinasi dengan instansi terkait, Senin (16/5/2016).
 
"Banyak hal yang kami bicarakan, seperti pengalihan arus, pengerahan personil hingga membuat pos-pos pengamanan," kata Kapolres Jembrana Ajun Komisaris Besar Djoni Widodo.
 
Ia mengatakan, seperti tahun-tahun sebelumnya, saat arus kendaraan padat menuju ke pelabuhan, akan dilakukan rekayasa lalu lintas dengan mengalihkan sebagian diantaranya ke jalur alternatif.
 
Menurutnya, sekitar tiga kilometer sebelum Pelabuhan Gilimanuk, kendaraan jenis mobil pribadi akan diarahkan melewati gang-gang perkampungan, sementara jenis kendaraan lain seperti bus, truk dan sepeda motor tetap lewat jalur utama.
 
Agar kendaraan tidak tumpang tindih antara yang menuju ke Gilimanuk dan yang ke arah Denpasar, ia mengatakan, seminggu sebelum arus mudik akan dipasang pembatas jalan di jalur utama.
 
Ia mengatakan, untuk pengamanan arus mudik tahun ini, pihaknya akan mengerahkan 600 personil, serta membuat empat pos pengamanan di sepanjang jalan raya Denpasar-Gilimanuk yang masuk wilayah Kabupaten Jembrana.
 
"Selain pos pengamanan, kami juga akan mendirikan satu pos pelayanan bagi pemudik yang sakit dan lain-lain, serta satu pos utama di Pelabuhan Gilimanuk," katanya.
 
Setiap menjelang Hari Raya Idul Fitri, ribuan kendaraan memadati Pelabuhan Gilimanuk, Kabupaten Jembrana dengan tujuan menyeberang ke Pulau Jawa.
Biasanya, kendaraan yang datang berbarengan pada malam hari, menyebabkan antrian panjang hingga pagi hari, bahkan saat puncak arus mudik bisa sampai siang hari.(bb/ant)