TNI-Masyarakat Buleleng Tanam Padi Varietas Unggul

  15 Mei 2016 PERISTIWA Buleleng

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com. Tentara Nasional Indonesia (TNI) melalui Komando Distrik Militer 1609/Buleleng, Bali melakukan penanaman padi varietas unggul bersama puluhan petani di Desa Sangsit, wilayah Bali bagian utara.
 
Komandan Kodim 1609/Buleleng, Letkol Infantri Budi Prasetyo di Kabupaten Buleleng, Minggu (15/5/2016) menjelaskan, kegiatan tanam padi varietas unggul tersebut sebagai upaya membantu dalam penguatan ketahanan pangan secara nasional.
 
Menurut dia, salah satu program itu merupakan salah satu peran penting TNI dalam membantu pemerintah menjamin kemakmuran dan tingkat kesejahteraan petani di tanah air.
 
"Tugas TNI bukan hanya berperang dan antisipasi konflik nyata, tetapi juga menguatkan bidang pangan karena dewasa ini musuh bukan hanya menyerang dengan senjata tetapi juga melemahkan ketahanan pangan, berusaha meruntuhkan bidang perekonomian nasional," papar Letkol Infantri Budi Prasetyo.
 
Ia menjelaskan, penanaman padi varietas unggul di Buleleng dimulai di Subak Beji, Desa Sangsit memakai sistem penanaman jajar legowo yang sudah terkenal.
 
"Jadi, dalam penanaman padi dengan sistem yang digunakan tersebut juga sebagai usaha nyata TNI untuk meningkatkan hasil pertanian khususnya di Bali Utara," papar Letkol Infantri Budi Prasetyo.
 
Budi Prasetyo menambahkan, kalangan masyarakat pemilik lahan di wilayah tersebut bersama-sama dengan puluhan personel TNI sangat antusias melaksanakan program tersebut.
 
Budi lebih lanjut memaparkan, di lokasi berbeda, TNI Buleleng juga turut mengembangkan pembudidayaan perikanan lele sebagai salah satu sektor peningkatan perekonomian masyarakat.
 
"Lokasinya di Subak Yeh Batu, Lingkungan Sangket di wilayah Kecamatan Sukasada. Jumlah lele yang dibudidayakan mencapai sekitar 10 ribu ekor," ucapnya. (bb/ant)