Pisah Sambut Pangdam IX/Udayana, Pastika Harapkan TNI Jaga Profesionalitas

Baliberkarya.com- Implementasi peran dan fungsi TNI dalam mengawal bangsa dan negara saat ini terus diuji. Sikap kritis masyarakat yang terus meningkat harus dijawab dengan profesionalisme aparatur, terlebih lagi aparat tersebut yang akan berbaur langsung dengan masyarakat.                                                       Hal itu disampaikan Gubernur Bali Made Mangku Pastika saat menghadiri acara Pisah Sambut Pangdam IX/Udayana di Aula Udayana, Makodam IX/Udayana, Denpasar, Senin(9/5/2016) malam. 
 
“Saya yakin, dengan profesionalisme yang telah tumbuh dan berkembang dalam jajaran Kodam IX/Udayana akan mampu menciptakan suasana kondusif dalam masyarakat, khusunya di Bali dan Nusa Tenggara dalam upaya menyatukan TNI dengan rakyatnya, “ jelas Pastika karena  menurutnya profesionalisme tersebut akan lahir dari sebuah proses dan sistem pembinaan dan pengembangan karier prajurit yang sistematis. Pastika juga menjelaskan bahwa Bali dan Nusa Tenggara merupakan daerah basis pariwisata yang keamanan dan kenyamanan merupakan hal yang sangat penting diperhatikan. Terlenih lagi banyak tamu-tamu negara VVIP yang mengunjungingya. “Seringkali kami, Pangdam, Kapolda, Ketua Pengadilan, dan jajaran lainnya harus berkantor di bandara. Kita harus menyambut kedatangan tamu VVIP. Bayangkan saja kalau Bali tidak aman. Mau jadi apa pariwisata ini," ujar Pastika. Oleh karena itu Pastika mengharapkan kepada Pangdam yang baru agar segera menyesuaikan dengan tempo kerja di Bali dan bekerja sama dalam mengemban amanat rakyat khususnya dalam bidang pertahanan dan keamanan serta pembinaan wilayah teritorial. “Mudah – mudahan apa yang sudah dirintis oleh pejabat lama, dapat ditingkatkan,” tegas Pastika. Sementara untuk pejabat yang lama, Pastika mengucapkan terima kasih atas pengabdian dan kerja samanya selama ini, “Saya harapkan kenagan selama bertugas di bali dapat menjadi kado istimewa unutk melanjutkan tugas di tempat yang baru,” imbuh Pastika.
 
Kepemimpinan Kodam IX Udayana berpindah tangan, dari Mayjen TNI M. Setyo Sularso kini diganti oleh Mayjen TNI Kustanto Widiatmoko dan serah terima jabatan sudah dilakukan pada Rabu (4/5) lalu di Markas Besar TNI Angkatan Darat Jakarta. Sebelumnya, Mayjen TNI Kustanto Widiatmoko menjabat sebagai Asisten Teritorial Kasad. Sementara, Mayjen TNI Setyo Sularso mendapat kepercayaan di Mabes TNI dengan jabatan Inspektorat Jendral TNI.
 
Pangdam IX Udayana Mayjen TNI Kustanto Widiatmoko pada kesempatan itu  mengatakan, pihaknya akan berusaha semaksimal mungkin dan akan berbuat yang terbaik dalam menjunjung amanah tersebut. Pria lulusan Akademi Militer 1987 ini mengakui jika dirinya sangat mengharapkan dukungan dari semua pihak agar tercipta suasana Bali yang kondusif. "Sebagai pejabat baru, saya sangat mengharapkan dukungan dan kerjasama yang baik dari Polri, Pemda, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan seluruh elemen masyarakat dalam menciptakan situasi yang kondusif," ungkapnya. Selain itu, dirinya juga berharap agar ada masukan dan informasi kepada dirinya. Karena, menurutnya masukan dan informasi sangat bermanfaat dalam menjalankan tugasnya sebagai pimpinan tertinggi di Makodam IX Udayana dan juga untuk mengambil keputusan yang cepat dan tepat. Terakhir, Widiatmoko juga menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Mayjen TNI Sularso atas kepemimpinannya selama 7 bulan menjabat. Karirnya sendiri berawal sebagai Kasdam III Siliwangi 2011 lanjut menjadi Kasdam V Brawijaya 2014, kemudian naik menjadi Asisten Teritorial Kasad 2014 dan kini sebagai Pangdam IX Udayana terhitung sejak 4 Mei 2016.
 
Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan penyerahan cenderamata yang diberikan secara langsung oleh Gubernur Bali Made Mangku Pastika yang kemudian dilanjutkan dengan pemberian ucapan selamat oleh seluruh undangan yang hadir. Nampak hadir dalam kesempatan tersebut, Ketua DPRD Bali Nyoman Adi Wiryatama, Kepala Kejaksaan Tinggi Bali, Kepala Pengadilan Tinggi Bali, Mayjen TNI M. Setyo Sularso, Kapolda Bali Irjen Pol Sugeng Priyanto Pejabat dari Pemda NTB, Pejabat dari Pemda NTT, Para Danrem,Asisten Kasdam IX/Udayana, Tokoh Agama dan undangan lainnya serta Prajurit Kodam IX/Udayana.(bb)
 
 
 

TAGS :

Komentar