TRC Badung Dapat Pelatihan Operasional Perahu Karet

  05 Mei 2016 PERISTIWA Badung

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Tim Reaksi Cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (TRC BPBD) Kabupaten Badung, Bali, mendapatkan pelatihan teknik pengoperasian perahu karet di Pantai Patra Jasa, Tuban, Kuta, Rabu (4/5/2016). 
 
"Tujuan bimbingan teknik untuk meningkatkan keterampilan TRC BPBD Badung dalam rangka siaga dan tangguh dalam menghadapi tanggap darurat bencana di laut," kata Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Badung, I Wayan Netra, di Kuta.
 
Ia menegaskan, komitmen BPBD Badung dalam melakukan penanggulangan bencana di daerah itu mendapat dukungan penuh dari pemerintah daerah melalui program bimbingan teknik ini, sehingga menambah pengetahuan, dan ketrampilan TRC. 
 
Wayan Netra mengatakan, bimbingan teknis dan pembekalan pengetahuan dasar kepada TRC Badung ini telah dilaksanakan selama tiga hari, dan dibuka Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Badung I Nyoman Wijaya.
 
"Saya berharap 45 peserta yang mengikuti bimbingan teknik mampu mengikuti kegiatan dengan baik," ujar Netra.
 
Ia menuturkan, sebelumnya pada 3 Mei 2016, para peserta sudah diberikan bimbingan teknik terkait materi bongkar pasang serta teknik menggunakan alat sensor pemotong kayu di Kantor BPBD badung.
 
"Hal ini dilakukan, karena selama ini tim TRC Kabupaten Badung banyak menangani masalah pohon tumbang," katanya. 
 
Dalam pelatihan operasional perahu karet tersebut, dibimbing Badan SAR wilayah III Denpasar sebanyak lima orang.
 
"Saya berharap TRC BPBD mampu secara cepat dan mahir dalam menanggulangi bencana saat terjadinya bencana banjir maupun membantu warga yang terkena musibah," katanya. (bb/ant)