Tangani DBD, Wagub Minta RS Lakukan Respon Cepat

  27 April 2016 PERISTIWA Denpasar

baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Terkait penangan kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) yang marak tejadi belakangan, Wakil Gubernur Bali, Ketut Sudikerta meminta kepada seluruh rumah sakit dan para tenaga medisnya untuk melakukan  pelayanan kepada para pasien DBD secara maksimal , khususnya pemberian pertolongan pertama.

“Saya imbau dan tekankan kepada rumah sakit yang ada di seluruh Bali baik daerah maupun swasta  agar apabila terdapat masyarakat yang datang meminta pelayanan, agar penanganan pertama terhadap pasien DBD optimal diberikan, untuk mengantisipasi kejadian buruk lainnya,” tegas Sudikerta kepada awak media di Dinas Kesehatan Provinsi Bali, Selasa (26/4/2016).

Sudikerta juga menghimbau agar pihak rumah sakit melakukan upaya penyediaan tempat yang layak bagi para pasien.

Menurutnya, selain respon penanganan yang cepat terhadap pasien DB, juga penting dilakukan pencegahan dengan melakukan gerakan 3M yaitu menguras tempat penampungan air secara rutin minimal ketika air sudah mulai keruh, mengubur barang – barang yang tidak terpakai yang dapat memungkinkan terjadinya genangan air dan  menutup menutup tempat-tempat penampungan air, khususnya yang menjadi konsumsi tiap hari.

Wagub juga menyoroti pentingnya pengasapan (fogging) untuk membunuh nyamuk dewasa. “Maka, dengan melakukan berbagai kegiatan pencegahan tersebut kita harapkan  penyebaran demam berdarah di Bali dapat ditekan semaksimal mungkin,” ujar orang nomor dua di Bali tersebut.

Sementara itu Kepala Dinas Kepala Kesehatan Provinsi Bali dr. Ketut Suarjaya, mengungkapkan bahwa dari bulan Januari- April 2016  terdapat 24 orang yang meninggal dari 5300 kasus DBD yang terjadi di Bali. Menurutnya,  penanganan DBD tersebut  sudah dilakukan dengan benar sesuai dengan standar operating procedur (SOP) pada rumah sakit maupun puskesmas yang ada di Bali,  namun kasus-kasus kematian pada DB yang  sering terjadi merupakan akibat dari keterlambatan diagnosa. (bb)