Ny. Ayu Pastika Gencar Ajak Masyarakat Gemar Makan Ikan Sejak Dini

  25 April 2016 EKONOMI Gianyar

baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Sebagai salah satu sumber protein hewani yang mengandung mineral dan zat-zat yang dibutuhkan tubuh seperti protein, mineral, asam amino dan terutama Omega-3, ikan memiliki manfaat yang sangat besar bagi pertumbuhan kita. Berdasarkan penelitian Food and Agriculture Organization (FAO) dan World Health Organization (WHO), bahwa Omega-3 dapat menyembuhkan penyakit depresi, skizofrenia serta gejala hipertensi pada anak-anak, sehingga orang tua diharapkan ikut mendorong anak-anaknya untuk gemar memakan ikan sejak dini. 

Hal itu disampaikan Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali yang juga Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional (FORIKAN) Provinsi Bali, Ny. Ayu Pastika saat membuka acara Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN) dan Pemberian Makanan Tambahan Anak Sekolah (PMTAS) di Balai Budaya Gianyar, Senin (25/4/2016). 

Ditambahkan Ayu Pstika daging ikan mudah dicerna tubuh  mulai dari balita samapai dengan lansi dapat menikmatinya. Penyerapan proteinnya  tingkat cernaannya sangat tinggi, sehingga baik bagi anak anak yang memiliki pencernaan yang agak bermasalah. 

“Kita mensosialisasikan gemar ikan terutama kepada orang tua agar sebanyak mungkin memberikan konsumsi ikan kepada anak-anaknya. Karena ikan bermanfaat untuk pertumbuhan dan kecerdasan otak. Disamping untuk kesehatan, ikan juga gizinya tinggi dan pastinya berperan besar dalam pembentukan kualitas generasi penerus kita,” ucap Ayu Pastika.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bali, Made Gunaja, dalam laporannya mengatakan jika tujuan dilaksanakan kegiatan GEMARIKAN untuk mengajak seluruh lapisan masyarakat terutama anak-anak generasi penerus bangsa untuk sejak dini gemar makan ikan. Mengingat ikan memiliki komposisi nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan kecerdasan dan pertumbuhan. Tak hanya itu, GEMARIKAN juga untuk mendorong masyarakat untuk terus berkreasi menciptakan menu baru, sehingga minat masyarakat untuk mengkonsumsi ikan semakin meningkat.

“Kegiatan hari ini diikuti oleh 200 orang anak-anak Sekolah Dasar Negeri 1,2,3,4,5,6,7, Gianyar serta sekolah dasar Negeri 1 Abianbase. Serangkaian dengan kegiatan GEMARIKAN dalam rangka mengajak dan menggugah masyarakat untuk menyukai gemar makan ikan dilaksanakan antara lain, kampanye gerakan memasyarakatkan makan ikan melalui pemberian makanan tambahan. Kita juga mendorong masyarakat untuk terus berkreasi menciptakan menu baru, ” ungkap Gunaja dalam laporannya.

Tim Penggerak PKK Kabupaten Gianyar yang sekaligus sebagai Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional (FORIKAN) Kabupaten Gianyar, Ny. Surya Adnyani Mahayastra mengatakan jika potensi sumber daya perikanan dan kelautan kabupaten Gianyar yang dimiliki yakni potensi luas budidaya kolam di kabupaten sebesar 2000 hektar dan baru dimanfaatkan sebesar 600 hektar atau 30% meliputi komuditi perikanan, seperti Udang Galah, Ikan Mas, Gurame, Nila dan Lele. Kabupaten Gianyar juga memiliki hamparan pantai yang indah dimanfaat untuk sektor pariwisata, sehingga hal tersebut dapat meningkatkan perekonomian masyarakatnya. (bb)