Rhenald Kasali: Tradisi-Modernisasi harus Seimbang

golkarbali.or.id

Baliberkarya.com- Perkembangan teknologi dan modernisasi membuat mau tidak mau masyarakat harus mampu beradaptasi dan melakukan perubahan sesuai perkembangan jaman.

Pemerintah Provinsi Bali menggelar acara Talk Show dengan nara sumber Pakar Perubahan Rhenald Kasali yang bertajuk ” Mau Kemana Kita? di Antara Perubahan dan Tradisi di Gedung Ksirarnawa Taman Budaya, Sabtu (23/4/2016).

Dalam dialog terbukan ini, Rhenal Kasali mengungkapkan, tradisi dan modernisasi harus diciptakan seimbang, karena kedua hal tersebut tidak dapat berjalan terpisah.

“Masyarakat Bali harus berubah, tanpa meninggalkan tradisi luhur yang dimiliki,” ujarnya.

Kendati demikian, pakar perubahan ini sangat mengapresiasi kepada warga Bali yang tetap mampu  mempertahankan tradisi, yang eksis dilaksanakan di banjar-banjar. walaupun tidak dipungkiri, perubahan yang dinamis akibat pesatnya perkembangan teknologi, sebagian besar melunturkan budaya dan tradisi sejumlah daerah.

Menurutnya, hal ini disebabkan kurang mampunya masyarakat menyeimbangkan tradisi dan modernisasi.

“Dengan tradisi harus balance, saya tidak melihat, kalau salah satu kuat akan berhasil,” tegas Kasali.

Dalam kesempatan yang sama,Gubernur Bali Mangku Pastika mengutarakan motivasi tersebut luar biasa, dan diharapkan dapat memberi arah dalam mencapai tujuan yang lebih baik.

“Perubahan tersebut bersifat pahit, tetapi wajib dilakukan. Dalam implementasinya perubahan harus dilaksanakan orang berani, dikawal  orang yang pintar, dan diselesaikan orang-orang yang memiliki hati tulus ikhlas., ” tegas Gubernur Bali. (bb)


TAGS :

Komentar