Indra Bambang Utoyo Harap Adanya Modernisasi di Parpol

  06 April 2016 POLITIK Nasional

golkarbali.or.id

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Bakal calon Ketua Umum Golkar, Indra Bambang Utoyo menilai kondisi pencalonan menjadi calon anggota legislatif saat ini dengan dahulu jauh berbeda.
 
Menurutnya, pada zaman orde baru, di partainya Golkar untuk menjadi Caleg ada sistem karakter dimana sumber kepemimpinan dari ABRI dan juga birokrat‎ itu sendiri.
 
"Setelah reformasi sistem itu mulai terlupakan. Ini harus disadari partai politik semua," kata Indra dalam diskusi bertema 'Manajemen Parpol Modern dalam Menjamin Percepatan Kesejahteraan Masyarakat berdasarkan Pancasila dan UUD 1945” di Jakarta, Selasa (5/4/2016).
 
Menurutnya, sekarang seorang calon legislatif harus keluar uang banyak terlebih dahulu dan calon tersebut berupaya mengembalikan modalnya jika terpilih nantinya.
 
Ia menilai hal tersebut yang merontokkan sistem berdemokrasi.
 
"Seorang calon Bupati, Gubernur yang sudah dapat 'uang' dari temannya juga harus timbal balik. Ini nggak sehat dan terus berkembang. Ini nggak bagus akibatnya di masyarakat," tuturnya.
 
‎Masih kata Indra, adanya timbal balik 'modal' dalam pencalonan baik legislatif maupun eksekutif disebabkan tidak adanya dana partai.(*)