112 Kadus/Kaling se-Kecamatan Denpasar Barat Ikuti Sosialisasi Wawasan Kebangsaan

  08 November 2023 PERISTIWA Denpasar

Dok Humas Denpasar

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Denpasar, Sebanyak 112 orang Kepala Dusun/Kepala Lingkungan  dari kecamatan Denpasar Barat mendapatkan materi mengenai wawasan kebangsaan serta nasionalisme, dalam kegiatan sosialisasi yang digelar Pemerintah Kota Denpasar pada Rabu (8/11), di Hotel Puri Ayu, Jalan Jenderal Sudirman. Kegiatan ini secara resmi dibuka Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa. 

Turut hadir dalam kesempatan itu, Kepala DPMD Kota Denpasar, I Wayan Budha, Camat Denpasar Barat, Ida Bagus Purwanasara serta jajaran OPD di lingkungan Pemkot Denpasar. 

Kegiatan ini juga turut menghadirkan narasumber yang terdiri dari unsur Inspektorat Kota Denpasar, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kota Denpasar, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Denpasar, serta Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kota Denpasar. 

Dalam arahannya, Wawali Arya Wibawa menyebut, para Kadus / Kaling berperan penting sebagai salah satu instrumen penyelenggaraan pemerintahan di tingkatan desa. Selain itu, sebagai kepala kewilayahan di daerahnya, para Kadus/Kaling adalah  tonggak pelayanan dan juga garda terdepan di masyarakat. 

"Untuk itu, dalam rangka menjaga intergritas dan memperkuat rasa nasionalisme, para kepala kewilayahan ini perlu mendapatkan peningkatan wawasan kebangsaan, sehingga empat pilar kebangsaan dapat tetap utuh dan terjaga," katanya. 

Lebih lanjut dijelaskan, selama lima tahun terakhir, terdapat lebih dari tujuh ribu pengaduan diterima dan telah ditindaklanjuti melalui layanan Pengaduan Rakyat Online (Pro) Denpasar. Dan pengaduan mengenai infrastruktur menempati posisi teratas dan di posisi kedua ditempati oleh pengaduan lingkungan.

Untuk menindaklanjuti hal tersebut, ungkap Arya Wibawa, Pemerintah Kota Denpasar telah merancang skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) sebagai alternatif pembiayaan untuk beberapa rencana pembangunan. Yakni Pengadaan Lampu Penerangan Jalan Umum, Revitalisasi SPAM untuk layanan air minum, Revitalisasi RSUD Wangaya dan Pembangunan Jaringan Terpadu untuk penataan wajah kota. 

"Penanganan sampah dan peningkatan infrastruktur tetap menjadi prioritas, dan kami berharap sinergi dan kolaborasi bersama Kepala Kewilayahan dan Kepala Dusun/Kepala Lingkungan untuk memberikan masukan, menyampaikan usulan pembangunan dan memberikan pelayanan publik bagi masyarakat sehingga bersama-sama mewujudkan Denpasar sebagai Kota Kreatif Berbasis Budaya Menuju Denpasar Maju," ujarnya.

Sementara Camat Denpasar Barat, Ida Bagus Purwanasara dalam laporannya mengatakan, pelaksanaan Sosialisasi Peningkatan Wawasan Kebangsaan di Kecamatan Dentim merupakan upaya pembinaan dan pengawasan terhadap Kepala Lingkungan dan Kepala Dusun/Kepala Lingkungan se-Kecamatan Denbar.

Sasaran dari kegiatan ini adalah, diharapkan kompetensi Kepala Kewilayahan dan Kepala Dusun/Kepala Lingkungan yang merupakan tonggak pelayanan dapat semakin ditingkatkan. Sehingga melalui peningkatan wawasan kebangsaan ini diharapkan kedepannya dapat memberikan pelayanan terbaik yang didasarkan pada nilai-nilai kebangsaan.

"Adapun tujuan Sosialisasi Peningkatan Wawasan Kebangsaan di Kecamatan Denbar yaitu menjaga dan mengimplementasikan wawasan kebangsaan untuk Memantapkan Pengamalan Pancasila, Pelaksanaan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahuan 1945, Pelestarian Bhineka Tunggal Ika serta Mempertahakan dan Memelihara Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia," ujar IB Purwanasara. 

Selain pelaksanaan sosialisasi, pada kesempatan itu, juga dilakukan penyerahan hadiah Lomba Pemberantasan Sarang Nyamuk yang diadakan oleh pihak Kecamatan Denpasar Barat, kepada 3 dusun / lingkungan yang berhasil menciptakan metode untuk memberantas sarang nyamuk. (Rls/BB)