Wawali Arya Wibawa Hadiri Piodalan di Pura Petasikan Desa Tegal Harum

  10 Oktober 2022 SOSIAL & BUDAYA Denpasar

Baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Denpasar. Bertepatan Purnama Kapat Wuku Dukut warga Dusun Tegal Sari Desa Tegal Harum Kecamatan Denpasar Barat melaksanakan Piodalan di Pura Petasikan Dusun Tegal Sari Desa Tegal Harum Kecamatan Denpasar Barat  Senin (10/10). Dalam pelaksanaan Piodalan ini hadir Wakil Wali Kota  Kadek Agus Arya Wibawa sekaligus mengaturkan dana punia. 

Dengan berlangsungnya proses piodalan dalam kesempatan itu Wakil Wali Kota Kadek Agus Arya Wibawa berharap semua warga Desa Tegal Harum diberikan keselamatan dan kerahayuan. 

Kelian Pura Petasikan I Gusti Agung Widja  mengucapkan terima kasih atas kehadiran Wakil Wali Kota pada pelaksanaan piodalan di Pura Petasikan Dusun Tegal Sari. Menurutnya piodalan berlangsung setiap satu tahun sekali pada Purnama Kapat. Menurutnya Pura Petasikan dulunya merupakan Pura Ulun Carik atau linggih Ida Bethara Sri. Namun karena tidak ada yang mengempon sehingga warga yang tinggal di Dusun Tegal Sari dicakup menjadi satu sehingga menjadi Pura Petasikan.  Jadi selain Linggih Ida  Bethara Sri juga  berstana  Sesuunan Pura Segara,  Pura Dalem Ped, dan Ratu Niang Sakti. "Tapi palinggih yang paling utama adalah Ida Bethara Sri," ucap Widja.

Lebih lanjut ia menuturkan Pura ini diempon oleh 90 KK Dusun Tegal Sari, dimana semuanya merupakan warga pendatang. Sehingga setiap piodalan dananya bersumber dari swadaya pengempon dan dana desa. 

Untuk pelaksanaan piodalan sekarang telah berlangsung dari tiga hari yang lalu, piodalannya hari ini dan upacara penyineban berlangsung besok. Untuk tingkatan upacara menggunakan upakara Panca Sanak, Pregembal dan dipuput oleh Ida Pedande Istri Ngurah Griya Gede Klungkung   Dengan telaksananya piodalan ini ia berharap semua warga diberikan  kerahayuan. Karena semua warga Desa Tegal Harum dan Desa Tegal Kertha  kesini untuk melaksanakan  persembahyangan. (Rls/BB)