Wali Kota Jaya Negara Ngayah Nyangging Pelaksanaan Metatah Massal di PHDI Denpasar

  30 Oktober 2022 SOSIAL & BUDAYA Denpasar

Baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Denpasar. Wali Kota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara berkesempatan melaksanakan kegiatan Nyangging dalam kegiatan upacara Metatah, Mawinten dan Menek Kelih yang dilaksanakan Parisadha Hindu Dharma (PHDI) Kota Denpasar, Minggu (30/10) di kantor PHDI Denpasar.

Kegiatan Metatah, Mawinten Saraswati dan Menek Kelih diikuti 200 peserta dengan melibatkan 35 Sangging. Dalam kegiatan tersebut juga dihadiri, Sekda Kota Denpasar Ida Bagus Alit Wiradana, Ketua Komisi I DPRD Kota Denpasar, I Ketut Suteja Kumara, Ketua MDA Kota Denpasar, AA Ketut Sudiana, serta Forkopimda Kota Denpasar.

Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara disela-sela pelaksanaan "Nyangging" mengucapkan terima kasih keapda PHDI Denpasar yang telah memfasilitasi dan memberikan pelayanan pelaksanaan upacara metatah, menek kelih dan mewinten saraswati. Pemerintah Kota Denpasar saat ini mengemban visi misi Mewujudkan Kota Kreatif Berbasis Budaya Menuju Denpasar Maju dengan spirit Vasudhaiva Kutumbakam (Menyama Braya).

“Visi-misi yang kami bangun serta program prioritas yang kami rencanakan, digerakkan oleh Weda Wakya Vasudaiva Khutumbakam yang mengandung makna dalam kehidupan ini kita semua bersaudara. Semua sektor kehidupan harus diselesaikan dengan paras paros sarpanaya, salunglung sabayantaka. Semua persoalan yang kita hadapi, mari kita selesaikan bersama-sama secara bergotong royong dan Menyama Braya,” ujar Jaya Negara.

Ketua PHDI Provinsi Bali, I Nyoman Kenak menyampaikan pelaksanaan upacara menek kelih, potong gigi, mawinten, agar kita selalu diberikan kebahagaian bersama dan pelaksanan upacara ini dapat berjalan dengan baik. "Kami berharap kegiatan ini tidak hanya pertama dan terakhir namun dapat berlanjut," ujarnya.

Disampaikan pula tugas PHDI mensosialisasikan dengan visi misi sebagai pengayah umat, berbuat melakukan sesuatu dengan landasaan ajaran Agama Hindu. "Kami Apresiasi kegiatan PHDI Denpasar dalam memberikan layanan umat, serta membantu umat," ujarnya.

Sementara, Ketua PHDI Denpasar, I Made Arka  bersama Ketua Panitia AA Ngurah Agung Wira Bima Wikrama menyampaikan persiapan upacara Metatah, Mawinten dan Menek Kelih bersama ini diikuti 200 peserta dan dilaksanakan di Kantor PHDI Kota Denpasar.

"Peprsiapan upacara Manusa Yadnya bersama ini sudah dipersiapkan dari awal sejak dua bulan lalu, dan peserta 200 orang, namun kita batasi karena keterbatasan tempat di gedung PHDI Denpasar yang tidak mampu menampung lebih banyak peserta. Kami mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota Denpasar beserta jajaran, dan para peserta yang antusias bersama dalam pelaksanaan upacara melalui mapunia," ujarnya. (Rls/BB)