Telan Anggaran 4,6 Milyar, Jembatan Yehembang-Kedisan Mulai Dibangun

  16 Mei 2023 SOSIAL & BUDAYA Jembrana

Baliberkarya (Dok Humas)

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Jembrana. Warga desa Yehembang dan sekitarnya kini bisa bernafas lega, pasalnya jembatan yang rusak akibat diterjang banjir bandang pada september tahun lalu, saat ini mulai tahap pembangunan kembali. Sebelumnya, warga setempat terhalang aksesnya harus memutar kejalan alternatif dengan jarak cukup jauh. Kondisi itu menyulitkan warga mengharuskan mereka menempuh waktu lebih lama.

Anggaran pembangunan jembatan menggunakan dana BKK Provinsi Bali tahun 2023 senilai Rp. 4,6 milyar lebih. Jembatan akan  dibangun dengan kontruksi lebih tinggi dari sebelumnya guna mengantisipasi debit dari sungai yang dikhawatirkan  sewaktu-waktu tinggi kembali.

"Dengan panjang 36 meter dan lebar 5 meter, jembatan yehembang-kedisan dibangun lebih tinggi dari sebelumnya, saat musim hujan debit air sungai lebih tinggi dari jembatannya, untuk itu kita tinggikan kurang lebih sekitar 3 meter," ucap Kadis PUPR Jembrana I Wayan Sudiarta saat mendampingi Bupati Jembrana I Nengah Tamba dalam sosialisasi pembangunan jembatan, Selasa (16/5).

Perbaikan infrastruktur jalan terus diupayakan

Dilain sisi, terkait infrastruktur jalan, Pemkab Jembrana terus mengupayakan khususnya jalan kabupaten dan desa  yang menjadi tanggung jawabnya wilayahnya agar  dalam kondisi baik.

Dikatakan Sudiarta, sejumlah ruas jalan saat ini dalam kondisi baik, rusak berat dan rusak ringan. Dengan total panjang jalan kabupaten mencapai 1075 km, jumlah jalan rusak ringan mencapai 141,4 km sedangkan rusak berat sepanjang 102,8 km.

Menurutnya, kendati demikian kinerja jalan kabupaten di Kabupaten Jembrana menurut standar pemerintah pusat masih tergolong baik sebesar 79 persen. “Angka ini masih lebih tinggi dari yang disyaratkan standar nasional sebesar 75 persen. Dengan panjang jalan kabupaten dalam kondisi baik pada tahun 2022 mencapai 707,97 km,” terangnya.

Disadarinya besaran anggaran saat ini, lanjut Sudiarta, menjadi persoalan utama, namun perbaikan jalan rusak akan tetap dilakukan. Khusus tahun ini, pihaknya hanya memiliki angggaran untuk infrastruktur jalan dan jembatan sebesar 15,2 milyar. “Sedangkan, untuk perbaikan jalan rusak berat tadi, diestimasikan membutuhkan anggaran total sebesar Rp 300 milyar. Sehingga anggaran yang ada saat ini masih jauh dari kata ideal,” jelasnya.

Ketebatasan anggaran itu, imbuh Sudiarta, karena ada penurunan DAK Pusat sehubungan berbagai kebijakan strategis pemerintah pusat. Selain itu untuk keperluan recofusing anggaran dialihkan untuk penanganan pandemi covid -19, serta beban belanja daerah untuk kebutuhan penganggaran  pemilu sehingga anggaran dimiliki pemerintah daerah menjadi terbatas.

Untuk itu kata Sudiarta, Bupati Jembrana sendiri sudah mencarikan beberapa solusi. Diantaranya melalui permohonan BKK provinsi serta anggaran pusat. Disamping itu dibutuhkan kesadaran warga Bersama sama menjaga umur jalan, terutama dari genangan aliran air selokan sehingga lebih awet.

"Kita telah mengajukan BKK sebesar Rp 20 milyar, selain itu juga mengajukan ke kementrian PUPR senilai Rp. 79 milyar untuk jalan kabupaten. Sedangkan jalan desa nantinya akan kita lakukan pendataan dengan menggunakan dana APBD, karena kewenangan jalan kabupaten dan desa ada di pemerintah daerah," jelasnya.

Sementara itu, Bupati Tamba menuturkan pemerintah daerah terus berupaya membenahi infrastruktur-infrastruktur yang ada di Kabupaten Jembrana, apalagi hal itu merupakan kepentingan publik.

Termasuk jembatan Yehembang-kedisan ini, yang merupakan akses penghubungan beberapa desa dan banjar didalamnya. "Hari ini, sudah mulai dibangun, astungkara bisa selesai dibangun tepat waktu dan nantinya bisa digunakan kembali oleh masyarakat untuk mobilitas perekonomian," ungkapnya dihadapan Prekebel, Bendesa dan warga sekitar.

Ia turut mengungkapkan untuk jembatan Nusamara yang juga rusak akibat diterjang banjir bandang, semoga bisa dieksekusi tahun depan ditahun 2024. Saat ini, selain jembatan juga terdapat infrastruktur jalan yang rusak, nah ini tentu juga menjadi prioritas yang harus dibenahi. Melihat keterbatasan anggaran pemerintah daerah, Pihaknya telah mengajukan permohonan DAK (Dana Alokasi Khusus) kepada Kementrian PUPR RI. "Astungkara apa yang kita ajukan membuahkan hasil, sehingga secara bertahap infrastruktur Jembrana bisa segera dibehani," pungkasnya. (Rls/BB)