Target Selesai 2025, Menteri PUPR Tunjuk Gubernur Koster Sebagai Pengawas Lapangan Jalan Tol

  10 September 2022 PERISTIWA Jembrana

Ket poto : Menteri PUPR RI M Basoeki Hadimoeljono buka langsung pembangunan Jalan Tol Jagat Kerthi ditandai dengan pemukulan kulkul

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com – Jembrana. Bertepatan di hari Purnama Saniscara Wage, Prangkbakat, Sabtu 10 September 2022 Grounbreaking jalan tol Jagat Kerthi dilaksanakan yang diharapkan sebelumnya di hadiri oleh Presiden RI Joko Widodo dan akhirnya dihadiri oleh Menteri PUPR RI M Basoeki Hadimoeljono didampingi oleh Pelaksana Proyek Jalan Tol Jagat Kerthi Bali Tito Sulistio, Gubernur Bali I Wayan Koster, Pangdam Udayana, Kapolda Bali serta dihadiri 3 bupati diantaranya Bupati Jembrana, Bupati Tabanan serta Bupati Badung.

Groundbreaking Tol Jagat Kerthi yang bertempat di Desa Pekutatan diawali dengan prosesi ritual nasarin (mulang dasar) yang dipuput oleh Ida Sri Bjagawan Putra Nata Wangsa. Diketahui Jalan Tol Jagat Kerthi merupakan terbesar kedua setelah Jalan Tol Bali Mandara yang Panjang 96,84 km yang di bagi 3 seksi yakni Gilimanuk-Pekutatan (54,75 km), Pekutatan-Soka (23,18 km) dan Soka-Mengwi (18,92 km).

Saat dikonfirmasi awak media Menteri PUPR RI M Basoeki Hadimoeljono mengatakan, dirinya meminta khusus kepada pelaksana proyek jalan tol untuk penyelesaian hanya 90 kilo agar bisa diselesaikan pada tahun 2025. “Ini merupakan kebutuhan untuk masyarakat agar segera diselesaikan pengerjaan Jalan Tol Jagat Kerthi Bali bisa diselesaikan di Tahun 2025,” tegasnya. Sabtu (10/9/2022).

Apapun yang rencana dilaksanakan, lanjut Basoeki, seperti adanya lapangan golf dan taman bermain, tanpa ada jalan tol tidak akan terlaksana. “Kita harapkan segera selesai dan saya memohon kepada pak Tito minimal 2 shif bekerja selama 7 hari seminggu. Selain itu saya akan memberikan surat tugas kepada bapak Gubernur Bali sebagai pengawas lapangan yang sehari-hari ada dilapangan untuk menjaga kuwalitas jalan tol kita,” terangnya.

Dalam hal ini, kata Basoeki, penting sekali menjaga kwalitas jalan tol itu sendiri, dikarenakan Bali merupakan daerah wisata yang di kenal oleh international. “Ini harus dibangun dengan kuwalitas yang baik. Selain kuwalitas, kontraktor yang hadir supaya betul-betul estitika membangun struktur-struktur gambar harus diperhatikan. Saya sangat gembira dikarenakan tol ini ada lintasan sepeda motor san sepeda gayung, ini salah satu perhatian kita pada lintasan tersebut,” ujarnya.

Dirinya juga berharap, mudah-mudahan grounbreakhing ini hanya sekali, dirinya tidak mau ada beberapa kali grounbreaking. “Sekali grounbreaking jangan ada yang sekian kalinya, saya berharap jalan tol 96 km ini hanya sekali di grounbreaking, sehingga kita bisa meresmikan di tahun 2025, apa yang kita lakukan ini hanya mengejar ketertinggalan, kita jauh tertinggal dalam hal insfratruktur,” ucapnya.

Sementara itu Gubernur Bali I Wayan Koster mengucapkan selamat datang dan berterima kasih atas kedatangan Mentri PUPR. “Saya mengucapkan selamat datang dan berterima kasih atas kedatangan bapak menteri bisa hadir dalam acara grounbreaking Jalan Tol Jagat Kerthi Bali. Pembangunan jalan tol ini bisa menyeimbangkan kondisi ekonomi antara Bali barat, Bali Utara, Bali Timur, Bali Tengah dan Bali Selatan,” tandasnya.

Selain itu, lanjut Koster, dibangunnya jalan tol akan mampu memjadi pemicu timbulnya destinasi wisata baru serta pertembuhan pusat-pusat ekonomi baru. “Dalam hal ini saya berbahagian dikarenakan design jalan tol menghindari jalur-jalur yang terkena subak kemudian tempat suci den juga dibangunnya short cut diatas sehingga kegiatan melasti bisa dilaksankan. Saya berharap pembanguna jalan tol ini berjalan dengan lancar,” jelasnya. (BB)