Ribuan Ibu PKK Antusias Ikuti Tari Rejang Renteng di Pengambengan

  26 Desember 2022 PERISTIWA Jembrana

Ket poto : Ibu PKK se Jembrana Menarikan Tarian Rejang Renteng di Sirkuit All In One Desa Pengambengan

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Jembrana. Ribuan Ibu-ibu PKK se Jembrana antusias mengikuti tari Rejang Renteng yang diadakan Pemkab Jembrana serangkaian kegiatan pemelaspas Sirkuit All In One, di Desa Pengambengan, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana dengan anggaran yang bersumber dari DAK senilai Rp2,9 Miliar lebih. Sebanyak 1.000 orang penari dilibatkan dalam peroses tersebut yang berasal dari setiap desa se Jembrana berkumpul sejak pukul 06.00 wita.

Terlihat saat pantauan awak media di lapangan, disaat upacara pemelaspas diikuti oleh ibu PKK yang mulai berbaris dari timur ke barat, dengan berpakaian adat Bali berwarna putih kuning terlihat wajah mereka sangat ceria membawakan tarian yang dianggap sakral, yang hanya bisa ditarikan saat prosesi upacara keagaaman. Menariknya mereka mempersiapkan diri mulai pukul 01.00 wita. Ribuan ibu PKK tersebut merupakan perwakilan dari setiap desa se Jembrana. Setiap desa diwakili oleh 20 ibu PKK.

Salah satu penari ibu PKK asal Desa Warnasari, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana bernama Dewi Ratna saat dikonfirmasi awak media merasa bahagia ikut di acara tersebut, dirinya juga mengatakan acara ini sangat bagus untuk kedepannya terutama untuk pariwisata di Jembrana.

"Kebetulan Kabupaten Jembrana belum ada pariwisata yang betul-betul dikenal seperti daerah lainnya. Dengan adanya kegiatan ini mudah-mudahan kedepan Jembrana semakin maju. Saya bersemangat menikuti acara ini sampai bangun pukul 03.00 wita untuk mempersiapkan semua peralatan mulai kostum dan merias diri," ujarnya. Senin (26/12/2022)

Hal senada juga dikatakan oleh salah satu ibu PKK yang tidak mau namaya disebutkan berasal dari Desa Budeng, Kecamatan Jembrana, mengatakan, acara ini bagus dsn ramai, kami semua ikut gembira dan bahagia, semoga acara seperti ini diulang lagi, aura spiritualnya ada. "Saya mulai bangun sekira pukul 01.00 wita untuk mempersiapkan semuanya, mulai dengan kostum dan tata rias

Ditempat yang sama, Bupati Jembrana, I Nengah Tamba mengatakan, peresmian Sirkuit All in One sudah dilakukan dengan rangkaian Tari Rejang Renteng berjumlah 1.000 orang ibu PKK perwakilan seluruh desa. "Astungkara diisi 1.000 penari Rejang Renteng dari ibu PKK Jembrana," ucapnya.

Dalam rangkaian event akhir tahun ini, lanjut Tamba, akan ada penampilan 2023 penari SMP dan SMA Tari Bhakti Marga yang diiringi gamelan 50 Jegog pada 30 November 2022 mendatang. "Intinya kita bangkitkan suasana di sini agar benar-benar menjadi pusat kunjungan. Jadi destinasi wisata di Jembrana," jelasnya.

Tamba mengaku telah menyusun event Motor Cross di Sirkuit All in One pada Hari Raya Kuningan 2023 mendatang. "Kuningan kita rencanakan motr cros di sini. Ini kita masih coba bicarakan dulu," pungkasnya. (BB)