Promosikan Pariwisata Desa Bunutan, Mahasiswa MBKM IKL FKP Unud Gelar Pelatihan Pembuatan Web GIS

  12 November 2022 PARIWISATA Karangasem

Mahasiswa Ilmu Kelautan FKP UNUD bersama warga Bunutan melaksanakan pelatihan pembuatan web GIS (Goegraphical Information System) untuk mempromosikan pariwisata di Desa Bunutan.

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Karangasem. Mahasiswa Ilmu Kelautan FKP UNUD bersama warga Bunutan melalui program MBKM “Bina Desa Maritim” melaksanakan pelatihan pembuatan web GIS (Goegraphical Information System) untuk mempromosikan pariwisata di Desa Bunutan melalui Web – Bali pada Sabtu (12/11/2022).

Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan yang didanai oleh PKKM dan merupakan upaya untuk mendukung digitalisasi Desa Bunutan. Pelatihan pembuatan web GIS ini dihadiri oleh mahasiswa, dosen Ilmu Kelautan FKP Unud, dan warga Bunutan.

Acara sosialisasi dan pelatihan web GIS ini dilakukan dengan 2 sesi. Yang pertama adalah sesi untuk penjelasan mengenai web GIS. Dilanjutkan dengan sesi kedua untuk mempraktikkan secara langsung penggunaan web GIS. Pelatihan diawali dengan sosialisasi pengenalan web GIS kepada peserta oleh dosen STIKOM Bali, I Made Agus Wirahadi Putra, S. Pd. M.Eng.

Dalam pemaparannya dijelaskan juga bagaimana kegunaan, kelebihan, dan kekurangan dari web GIS. Setelah pemaparannya di lakukan sesi tanya jawab oleh peserta yang menandakan antusiasme yang tinggi untuk mengetahui lebih dalam terkait dengan GIS. Kegiatan pada sesi kedua dilakukan penjelasan secara mendalam mengenai isi dari web GIS.

Dipaparkan juga data-data yang harus ada pada web GIS yang akan dikerjakan. I Made Agus Wirahadi Putra, S. Pd. M.Eng selaku pemberi materi menyatakan bahwa “Pada web yang akan di buat harus berisi video promosi wisata, tempat penginapan dengan fasilitas yang dimiliki, tempat pariwisata yang ada, daerah akomodasi, tempat hiburan, serta map untuk mempermudah tamu yang akan datang ke daerah Bunutan”.

“Pembuatan web ini berfokus pada pemetaan pariwisata di bunutan, web ini dijadikan sarana untuk meningkatkan pendapatan dan sarana-sarana pada desa Bunutan agar bisa berkembang dengan daerah Amed dan Jemeluk,” tambah Agus Wirahadi Putra.

Diharapkan pelatihan pembuatan web GIS ini bisa membantu desa Bunutan agar lebih di kenal oleh masyarakat yang ingin berlibur di sekitar daerah Bunutan terutama dari segi pariwisata bawah laut sehingga bisa membuat desa Bunutan lebih berkembang dengan daerah pariwisata di sekitarnya.(BB). 

Sumber: https://drive.google.com/drive/u/3/folders/1lUydh4II7IxR8rAzJ8rIYbjEUxJ8P6Lo