Pemkot Denpasar Gerak Cepat Tangani Sampah Menumpuk di TPS Lumintang

  23 Februari 2023 KESEHATAN Denpasar

Baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com Denpasar. Pemkot Denpasar melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) langsung bergerak cepat menangani tumpukan sampah di TPS Lumintang Pada Kamis (23/2). Penanganan tersebut pun mendapat perhatian serius Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara serta Wakil Walikota Kadek Agus Arya Wibawa. Wawali Arya Wibawa memantau langsung penanganan sampah di beberapa titik TPS di Denpasar.

Hal ini lantaran sampah sempat menumpuk karena  volume sampah mengalami peningkatan. Disamping juga adanya kendala di TPA Suwung yakni lahan pembuangan yang makin menyempit, akses jalan di TPA mengalami kerusakan juga adanya kerusakan alat berat.

Kadek Agus Arya Wibawa  mengatakan  saat ini petugas dari DLHK Kota Denpasar sedang melaksanakan penanganan pengangkutan sampah. Sehingga seluruh sampah yang ada di lokasi TPS Lumintang dapat ditangani termasuk juga di TPS TPS lainnya. "Target kami hari ini tuntas dilaksanakan pengangkutan, sehingga lokasi tersebut kembali bersih," jelasnya

Lebih lanjut Arya Wibawa menjelaskan, adapun sampah rumah tangga yang masih mendominasi. Sehingga saat ini pihaknya menerjunkan Alat Berat serta Armada Truk pengangkut guna mempercepat penanganan.

Arya Wibawa menekankan agar seluruh jajaran DLHK bekerja optimal guna mengatasi penumpukan sampah yang pengangkutannya sempat terganggu karena kondisi cuaca dan kondisi di TPA Sarbagita Suwung. "Seluruh jajaran  DLHK dan OPD yang menjadi bapak angkat kebersihan di masing masing desa kelurahan  harus intens memantau penumpukan sampah yang ada di TPS serta melakukan kordinasi dengan Desa/Kelurahan. Pihaknya berharap, penanganan ini dapat tuntas secepat mungkin. Sehingga tidak mengganggu kenyamanan masyarakat sekitar. Untuk mengatasi permasalahan sampah ini Pemkot Denpasar juga sudah menambah alat berat baik dengan membeli yang baru maupun sewa alat berat. "Jadi jajaran kami siang malam menangani sampah yang tiap hari volumenya juga meningkat," katanya.

Selain itu Arya Wibawa juga meminta agar DLHK lebih intens berkordinasi dengan Desa atau Kelurahan yang mempunyai TPS3R agar memaksimalkan pengolahan sampah berbasis sumber serta melakukan  pemilahan sampah serta mengatur jadwal pembuangan sampah di masing masing TPS. “Sesuai arahan Bapak Walikota, agar segera tertangani penumpukan sampah ini, dan kami juga sudah intruksikan agar semua TPS dipantau, diantisipasi dan dioptimalkan pengangkutanya secara berkala, sehingga sampah tidak meluber dan menumpuk,” katanya. (Rls/BB)