Pemkot Denpasar Bersama Komunitas Malu Dong Gelar Beach Clean Up Bersihkan Pantai Sanur

  26 Mei 2023 SOSIAL & BUDAYA Denpasar

Ket foto : Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara bersama Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa dan Sekda Kota Denpasar, IB Alit Wiradana saat turun langsung dalam aksi Beach Clean Up atau bersih-bersih pantai sekaligus meninjau infrastruktur di Kawasan Pantai Mertasari, Sanur, Jumat (26/5).

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Denpasar, Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara bersama Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa dan Sekda Kota Denpasar, IB Alit Wiradana turun langsung dalam aksi Beach Clean Up atau bersih-bersih sepanjang pantai Sanur  pantai di Kawasan Pantai Mertasari, Sanur, Jumat (26/5). Kegiatan yang dilaksanakan atas kerjasama Pemkot Denpasar bersama Komunitas Malu Dong ini bertujuan untuk bergerak bersama menjaga kebersihan Pantai Sanur sebagai destinasi wisata utama Kota Denpasar.

Selain itu, pelaksanaan kegiatan yang melibatkan ratusan peserta ini turut menggandeng beberapa komunitas. Mulai dari siswa SMP, SD, TK/PAUD, SLB, Komunitas Ekspatriat, mahasiswa termasuk pimpinan OPD serta pegawai di lingkungan Pemkot Denpasar. Bergerak dari Kawasan Pantai Mertasari, aksi bersih pantai serantak dilaksanakan disepanjang pantai Sanur.

Ketua Komunitas Malu Dong, Komang Sudiarta mengatakan, Beach Clean Up merupakan aksi sosial guna membersihkan Pantai Mertasari Sanur. Dimana, persoalan sampah, khususnya kebersihan pantai merupakan tanggung jawab bersama. Karenannya, sudah menjadi kewajiban kita untuk menyelesaikannya. 

“Hari ini kita berkumpul dengan tujuan yang satu, yakni untuk acara membersihkan pantai atau Beach Clean Up disekitar Pantai Mertasari, Karena ini adalah persoalan kita bersama, Kita bersama yang harus menyelesaikannya,” ujarnya 

Lebih lanjut dijelaskan, aksi sosial kali ini difokuskan untuk memungut sampah an organik. Sedangkan sampah organik telah ditangani langsung oleh DLHK Kota Denpasar. Kegiatan ini diharapkan mampu menggugah perlikau baik diri sendiri dan masyarakat sekitar untuk ikut menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan. 

“Mudah-mudahan apa yang kita lakukan bersama ini bisa merubah perilaku kita termasuk perilaku masyarakat disekitar. Harapan kami, semoga apa yang dilaksanakan pada hari ini, bersama masyarakat dapat menjaga dan merawat lingkungan pantai ini tetap bersih,” harapnya.

Sementara Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara didampingi Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa memberikan apresiasi atas pelaksanaan beach clean up ini. Tentunya ini merupakan aksi positif dalam membantu pemerintah dan menggugah kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan, terutama kebersihan pantai. 

“Pada prinsipnya kami di Pemerintah Kota Denpasar sangat mendukung dan memberikan apresiasi atas pelaksanaan aksi kebersihan pantai ini, yang pertama kami sampaikan terimakasih dan berharap semua pihak ikut menjaga kebersihan serta tidak membuang sampah sembarangan, mari kita jaga bersama kebersihan dan keindahan Pantai Sanur,” jelasnya 

Berkenaan dengan peninjauan infrastruktur Pantai Sanur, Jaya Negara menjelaskan bahwa pihaknya ingin memastikan infrastruktur penunjang pariwisata di kawasan tersebut beroperasi secara optimal. Hal ini utamanya fasilitas toilet, jogging track, pedestrian, dan sentra UMKM. Termasuk juga rancangan pembuatan Pos Life Guard untuk menjaga dan memastikan keamanan pengunjung Pantai Sanur. 

“Sembari bersih-bersih pantai, kita juga tadi meninjau fasilitas dan infrastruktur penunjang kawasan Pantai Sanur, kedepan juga akan kita optimalkan serta sudah dirancang pembuatan Pos Life Guard dan infrastruktur lainya untuk menjaga keamanan dan kenyamanan pengunjung Pantai Sanur,” ujar Jaya Negara (Rls/BB)