Pemkab Jembrana Terima Kunjungan Pemkab Malang, Berkolaborasi Masalah Sampah

  13 Oktober 2022 PERISTIWA Jembrana

Baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Jembrana. (Kadis LH) Kepala Dinas Lingkungan Hidup Dewa Gede Ary Candra Wisnawa menerima kunjungan Dari Pemerintah Kabupaten Malang bertempat di Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Jembrana, kamis (13/10/2022). Kunjungan Pemerintah Kabupaten Malang yang dikordinir oleh Kabid Lingkungan Hidup Kabupaten Malang Ir Renung Rubiyatadji didampingi 13 orang dalam rombongan itu, melaksanakan studi komperasi terkait dengan Pengelolaan Sampah di TPST Kabupaten Jembrana.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Dewa Gede Ary Candra Wisnawa menyambut baik hal tersbut, pihaknya juga mengucapkan terimakasih kepada rombongan Pemerintah Kabupaten Malang telah memilih Jembrana sebagai objek kunjungan. "Teman-teman dari Kabupaten Malang datang ke sini untuk melihat apa yang sudah kita lakukan, terutama tentang pengelolaan TPST yang ada di Kabupaten Jembrana. Karena mereka juga akan membuat TPST di Malang, mudah mudahan apa yang kami lakukan di sini juga bisa diterapkan di Malang," ucapnya.

Selain itu, Dewa Gede Ary Candra Wisnawa juga menyampaikan kegiatan tersebut bisa saling mengisi kekurangan serta kelebihan masing-masing daerah baik Kabupaten Jembrana maupun Kabupaten Malang. "Dari Kabupaten Malang sudah memberikan inovasi pengolahan sampah yang dilakukan di Kabupaten Malang, kami juga tertarik untuk belajar ke sana sehingga nanti apa yang kurang di Jembrana bisa kita tambahkan dengan apa yang sudah dilakukan oleh Kabupaten Malang," imbuhnya

Lanjut, pihaknya berharap melaui studi komparasi tersebut bisa bersama sama bersinergi dalam penanganan masalah sampah guna membangun wilayah agar menjadi contoh untuk wilayah lain. "Semoga sinergitas ini berlanjut sehingga kita bisa memiliki pola dan mekanisme dalam pengelolaan sampah skala kabupaten yang memang bisa dijadikan contoh bagi masyarakat kita di Indonesia," harap Kadis Dewa Gede Ary Candra Wisnawa.

Sementara, Kepala Bidang Lingkungan Hidup Kabupaten Malang Ir Renung Rubiyatadji menyampaikan terimakasai kepada Pemerintah Kabupaten Jembrana yang telah menerima rombongan kabupaten malang dengan baik. "Kami dari Pemerintah Kabupaten Malang sangat berterimakasi kepada Pemerintah Kabupaten Jembrana telah menerima kami, disini kami sangat kagum karena sistem yang akan kami pakai sebagai panduan ternyata sudah bekerja dengan baik," ujarnya.

Selain itu, pihaknya berharap dari apa yang sudah dilakukan Kabupaten Jembrana dalam penanganan masalah sampah, hal itu dapat dikolaborasikan dengan Pemkab Malang untuk menyelesaikan masalah sampah. "Harapan saya pembelajaran dari sini bisa terus disharing bersama program kami sehingga kami dapat membuat sistem yang meningkatkan sekala dari sistem itu sendiri sehingga dapat menyelesaikan masalah yang lebih besar sehingga kita bisa sukses dan berkembang bersama," ucap Renung Rubiyatadji. (Rls/BB)