Mimih Dewa Ratu! 3 Pustu di Jembrana Jadi Rumah Hantu, Tunggu Waktu Roboh

  07 November 2022 PERISTIWA Jembrana

Ket poto: salah satu bangunan Puskesmas di Jembrana rusak berat

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Jembrana. Lama tidak berfungsi 3 Bangunan Puskesmas (Pustu) yang ada di Kabupaten Jembrana kondisi rusak berat. Terlihat dari salah satu bangunan Puskesmas tersebut atap bangunannya hamper jatuh, plafon bangunan sudah rusak, bangunannya pun hampir roboh sehingga tidak layak untuk dijadikan fasilitas kesehatan.

Dari kelihatannya bangunan tersebut sudah lama tidak berfungsi. Dari 3 bangunan Puskesma yang rusak parah, diantaranya terletak di Sawe, Kelurahan Dauhwaru, Kecamatan Jembrana, Yeh Sumbul, Kecamatan Mendoyo dan Moding, Desa Tuwed, Kecamatan Melaya. Diantara ketiga Puskesma tersebut yang paling parah berada di Sawe, bangunannya seperti rumah hantu.

Pantauan awak media, bangunan Pustu tersebut bagian atapnya yang terbuat dari baja ringan sudah karatan dan atapnya hampir ambruk. Salah satu warga menyebutkan, bangunan tersebut sudah lama tidak digunakan, bagian dalam runagan sejatinya masih bisa digunakan, dikarenakan atap terbuat dari baja ringan dan sudah rapuh karatan, proses ambruk hanyak menunggu waktu saja.

Saat dikonfirmasi awak media, Kepala Dinas Kesehatan Jembrana, dr Made Dwipayana, membernarkan bahwa ada 3 Pustu di Kabupaten Jembrana rusak dan tidak layak digunakan. “Itu sudah tidak layaj di gunakan. Ada sebanyak 44 Pustu di Jembrana hanya 3 Pustu yang rusak parah di Sawe, Yehsumbul dam Moding. Yang lain masih beroprasi dengan baik dan bangunannya masih bagus,” terangnya. Senin (7/11/2022)

Menurutnya, Anggaran sudah di direfocusing, tahun ini kita buatkan perencanaan di anggaran perubahan tahun dan depan direhab berat. “Untuk Pustu di yang masih beroprasi di desa-desa kedepan akan disediakan tenaga paramedis yang akan bertugas disana. Nakes ini juga berkaloborasi dengan bidan desa setempat,” pungkasnya. (BB)