Menangi Pemilu 2024, Golkar Bali Siapkan Pola Baru Hadapi 'Pertempuran' Darat dan Udara

  12 Februari 2023 POLITIK Denpasar

Foto: Rakorda Bidang Media dan Penggalangan Opini (MPO) dirangkai dengan Pembekalan Fungsionaris Golkar kabupaten/kota se-Bali di wantilan sekretariat partai setempat, di Jl. Surapati No. 9 Denpasar, Minggu (12/2/2023).

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Jelang Pemilu 2024 yang kian semakin dekat, Partai Golkar mengerahkan berbagai macam upaya dan strategi untuk bisa kembali berjaya. Pasalnya, medan pertempuran saat Pemilu 2024 nanti dipastikan bakal lebih seru dan berbeda dari Pemilu 2019 lalu. Berbagai jurus pun disiapkan, mulai dari mengerahkan 'pasukan darat' Partai Golkar juga mengerahkan 'pasukan udara' untuk bisa memenangkan 'perang udara' melalui penguasaan opini dan isu di media massa serta media sosial (medsos).

Untuk mendukung hal tersebut, digelarlah Rakorda Bidang MPO DPD Partai Golkar Bali dirangkai dengan Pembekalan Fungsionaris Golkar kabupaten/kota se-Bali yang melibatkan Bidang MPO DPD Golkar Kabupaten/Kota se-Bali yang dilaksanakan di wantilan sekretariat Kantor DPD Partai Golkar  Bali di Jl. Surapati No. 9 Denpasar, Minggu (12/2/2023).

Rakorda sekaligus pembekalan internal unsur pengurus bidang MPO Golkar Bali ini dihadiri Ketua DPD Golkar Bali Nyoman Sugawa Korry, Anggota Fraksi Golkar DPR RI Anak Agung Bagus Adhi Mahendra Putra alias Gus Adhi, para Ketua DPD Golkar kabupaten/kota se-Bali dan anggota Fraksi Golkar seluruh Bali serta wakil ketua MPO Golkar kabupaten/kota se-Bali.

Dalam Rakorda MPO Golkar Bali dan Pembekalan Fungsionaris Golkar kabupaten/kota se-Bali ini, seluruh 'pasukan tempur udara' Golkar Bali ini juga mendapatkan bekal strategi dari materi yang disampaikan Ketua MPO DPP Partai Golkar Meutia Hafid.

Bidang Media dan Penggalangan Opini (MPO) DPD Partai Golkar Bali yang dikomando Putu Indrawan Karna (PIK) bertugas sebagai 'panglima perang' Golkar Bali di 'pertempuran udara' untuk mengkonsolidasikan semua kekuatan dan potensi Bidang MPO DPD Golkar Kabupaten/Kota se-Bali untuk pemenangan Partai Golkar di Pemilu 2024.

Dalam sambutannya, Ketua DPD Partai Golkar Bali Dr. Nyoman Sugawa Korry mengatakan Golkar Bali memadukan serangan darat dan serangan udara untuk lebih memperkenalkan kerja nyata yang dilakukan Golkar, sehingga masyarakat juga bisa tahu dan paham kualitas kader-kader Golkar, apa kerja nyata yang sudah dilakukan, seperti apa ide-ide brilian dan progresif serta inovatif untuk membangun Bali.

"Golkar menggabungkan strategi perjuangan udara dan darat. Darat ini kegiatan kerja-kerja politik para kader dan fungsionaris kita, sedangkan MPO melakukan serangan udara dalam bentuk mengemas konten kegiatan kerja-kerja politik Golkar di media sosial. Naj ini kita padukan, untuk selanjutnya kita berikan target-target pemenangan, kemudian juga materi pembekalan strategi pemenangan Golkar," kata Ketua Sugawa Korry yang mendapat aplaus dari para peserta yang hadir.

Foto: Ketua DPD Partai Golkar Bali Dr. Nyoman Sugawa Korry. 

Sementara, Ketua Bidang Media dan Penggalangan Opini (MPO) DPP Partai Golkar Meutya Hafid yang memberikan pembekalan kepada ratusan kader Partai Golkar secara daring yang bertajuk “Peran MPO Partai Golkar Memenangkan Pemilu 2024” menegaskan Pemilu 2024 tidak cukup menguasai ruang wilayah alias basis massa saja, namun gerilya ala prajurit infanteri di darat sangat penting.

"Serangan dan pertempuran udara (media massa dan medsos) juga harus dimenangkan,” tegas Meutya Hafid.

Lebih jauh Ketua Komisi I DPR RI membidangi telekomunikasi dan pertahanan ini menjelaskan sesuai dengan rencana pemerintah, internetifikasi atau akses internet kini sudah hampir mencapai 100 persen, karena 190 juta pemilih di Indonesia menggunakan internet.

"Targetnya 100 persen, saat ini baru 77 persen, artinya 190 juta orang saat ini sudah terkoneksi dengan internet. Jadi pembentukan dan penggalangan opini sangat penting untuk menarik masyarakat agar memilih Partai Golkar di Pemilu 2024. Kerja kerja-kita harus holistik,” jelas mantan reporter TV berita ini.

Tak lupa, Meutya Hafid berpesan apabila Golkar ingin keluar sebagai pemenang di Pemilu 2024, cara yang dipakai pada Pemilu 2019 harus diubah dengan menggarap pola-pola baru. Menurutnya, untuk di pertempuran udara ada cara-cara yang tidak biasa untuk menang. Komunikasi publik kader harus mumpuni.

"Kita mau menang, ya penggalangan opini di medsos dimaksimalkan. Kader dari pusat sampai kabupaten dan kota bahkan tingkat desa kompak dalam penggalangan opini di udara. Caranya, ya desain isu dan opini untuk memperkuat citra partai di media sosial," saran Meutya Hafid.

Terkait arahan Ketua Bidang Media dan Penggalangan Opini (MPO) DPP Partai Golkar Meutya Hafid, Wakil Ketua Bidang Media dan Penggalangan Opini (MPO) DPD Partai Golkar Bali Putu Indrawan Karna (PIK) menyatakan pihaknya akan menindaklanjuti semua arahan dari Bidang MPO DPP Partai Golkar dan dari Ketua DPD Partai Golkar Bali. Ia juga akan meningkatkan kualitas SDM pengurus Bidang MPO di seluruh Bali dengan berbagai pelatihan dan workshop misalnya terkait dengan pengelolaan media sosial.

"Bidang MPO juga akan berkolaborasi dengan Hasta Karya dan organisasi sayap Golkar untuk menaikkan citra Partai Golkar demi pemenangan Pemilu 2024. Kami akan totalitas dan serius mengeksekusi strategi perang udara sehingga kami bisa berkontribusi maksimal untuk pemenangan Partai Golkar di 2024,” pungkas Iwan Karna sapaan akrabnya.(BB).